Mengulang Masa Kanak-kanak di Lunchbox Museum

Lunchbox Museum
Sumber :
  • Lunchboxmuseum.com
VIVAlife
Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya
- Membawa bekal makan siang pernah menjadi tren di Amerika. Kala itu sekitar tahun 1950 sampai 1980. Bukan hanya sekadar membawa bekal mengenyangkan untuk di sekolah, anak-anak waktu itu juga berlomba-lomba memamerkan kotak makan siang mereka.

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

Persis seperti tren saling pamer koleksi kartu atau mainan lain.
Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal


Tak heran, kotak makan siang di tahun-tahun itu punya beragam gambar dan model. Kebanyakan terinspirasi dari pahlawan super dan tokoh film. Superman, Hercules, Mickey Mouse, sampai The Dukes of Hazzard pernah menghiasi kotak makan siang anak-anak di Amerika.


Kotak itu biasanya terbuat dari logam. Sepaket dengan botol minuman yang juga bergambar sama. Sayangnya, kini membawa bekal makan siang sambil memamerkan model kotaknya, tak lagi menjadi tren. Ia pergi bersamaan dengan maraknya perusahaan plastik tahun 1980-an.


Namun, seorang pria bernama Allen Woodall Jr tak ingin kehilangan memori masa kanak-kanaknya. Ia mulai mengumpulkan satu per satu kotak makan siang berbahan logam, dengan berbagai gambar. Kini, tak terhitung jumlahnya yang ia miliki. Ribuan, bahkan lebih.


Mengutip laman
Road Side America
, Allen akhirnya memutuskan memuseumkan kotak makan siang koleksinya. Seluruh kotak makan siang miliknya diletakkan dalam satu ruangan besar. Tiap sisinya dipenuhi rak bertingkat-tingkat.


Masing-masing diisi kotak makan siang yang diurutkan sesuai abjad nama objek dalam gambar. Modelnya beragam. Ada yang serupa kaleng biskuit, ada pula yang mirip keranjang piknik. Jika kotak makan siang dan botol minuman tak berpasangan, Allen meletakkannya pada satu sisi tersendiri.


Bahkan, saking banyak koleksinya, ada kotak makan siang yang digantung di langit-langit.


Lunchbox Museum

Museum itu terletak di Jalan Colombus, Georgia. Terbuka bagi semua orang setiap harinya. Senin sampai Sabtu, mulai pukul 10 pagi sampai enam malam. Khusus Minggu, dibuka sejak pukul 12 siang sampai 6 malam. Pengunjung dewasa dikenai US$ 5 untuk biaya masuknya.


Allen mengaku bahagia saat melihat banyak orang mengunjungi museumnya. Terutama, saat menyaksikan wajah mereka tersenyum dipenuhi kenangan masa lalu. Ya, memandang koleksi kotak makan siang logam di Lunchbox Museum itu memang seperti terhempas ke masa lampau. Masa kanak-kanak yang menyenangkan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya