Berselancar Melawan Ombak 7 Hantu di Riau

Sungai Kampar
Sumber :
  • rianopio.blogspot

VIVAlife - Perairan Indonesia sangat menggairahkan bagi para peselancar. Debur ombak di Sumatera, Bali, sampai Sulawesi tak henti-henti menyanyikan rayuan agar mereka terjun melawan gulungan ombak di sana.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Jika Nusa Dua, Tanah Lot, dan Pantai Sorake sudah terlalu biasa dan tak menantang lagi, ada satu tempat yang bisa menjadi surga baru. Lokasinya di Pelalawan, Riau. Keunikan ombak di sini kerap memancing minat peselancar dunia.

Pasalnya, mereka tak harus melawan ombak laut. Papan selancar hanya akan beradu dengan sebuah sungai bernama Kampar. Meski begitu, sang ombak tetap menantang. Ia bisa seliar ombak laut. Hanya saja, warnanya kecoklatan mengikuti air sungai.

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?

Mengutip laman Indonesia Travel, fenomena alam itu timbul karena pertemuan arus Sungai Kampar dengan Laut Cina Selatan. Penduduk setempat menyebutnya dengan “Ombak Bono”. Ia menjulang tinggi, sekitar empat sampai enam meter.

Menariknya, ombak itu pernah membentuk tujuh gulungan berturut-turut. Ia sampai mendapat julukan “Ombak Tujuh Hantu”. Konon, ombak itu sangat besar hingga dapat menghancurkan sampan masyarakat. Tak sedikit kapal yang dibuat terbalik dan tenggelam olehnya.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2024

Mitos yang berembus, ombak itu juga memiliki kekuatan magis. Pendekar Melayu pesisir harus menundukkannya jika ingin meningkatkan kesaktian. Mereka nekat bersampan ke tengah gulungan ombak. Jika tetap utuh, artinya mereka ahli menjaga keseimbangan.

Beragam kisah di sekitar Ombak Tujuh Hantu membuat para peselancar dan wisatawan makin penasaran. Alhasil, area Ombak Bono ramai dikunjungi hingga kini. Waktu terbaik adalah saat bulan purnama, karena ombak bisa menggulung begitu besar.

Untuk mencapai lokasi Ombak Bono, bisa melalui Desa Teluk Meranti, Pangkalan Kerinci Riau. Gelombang tinggi sudah bisa dilihat dari sana. Wisatawan yang sekadar ingin melihat ombak bisa menyambangi teluk itu. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya