Enam Jembatan Terindah dan Unik di Dunia

Jembatan di Malaysia
Sumber :
  • BBC
VIVAlife - Jembatan, kini bukan lagi sekadar penyambung jalan dua tempat yang berbeda. Tapi, juga menjadi tempat yang mampu menarik perhatian, sehingga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik. 
Gambar Pertama yang Dilihat, Bisa Ungkap Pekerjaan Impian Kamu

Bukan karena fungsinya, melainkan bentuknya yang unik dan cantik. Seperti enam jembatan berikut ini yang dikutip dari BBC:
Salmafina Sunan Ikut Rayakan Idul Fitri, Langsung Didoakan Kembali Peluk Islam

1. Jembatan Rakotz, Jerman
Kisah Unik Jenderal TNI Bintang 3 yang Ditunjuk Jadi Pangdam Saat Tertidur Lelap
Ini lah bukti bahwa jembatan bukan sekadar penghubung dua tempat, tapi juga sebagai hasil karya seni gabungan manusia dan alam. Jembatan Rakotz di Kromlau, Jerman ini, mungkin hanya lah jembatan biasa dengan bentuk melengkung. 

Yang membuatnya istimewa adalah pemandangan di sekelilingnya. Dengan danau tenang yang jernih dan bebatuan karst yang mencuat dari dasar danau, membuat pemandangan di sekitar jembatan ini terasa sangat romantis.

2. Jembatan melayang, Malaysia
Jembatan yang dibuat oleh seorang arsitek bernama Mayur Kanaya ini, dibuat di atas Gunung Mat Cincang di Pulau Langkawi. Menurut Kanaya, jembatan ini dibuat untuk memberikan pengalaman bagi para wisatawan untuk menginjakkan kaki dengan ringan di atas langit sambil menikmati hutan dan satwa liar.

3. Jembatan akar, India
Jika biasanya jembatan dibuat dari batu atau kayu, jembatan yang berada di Desa Cherrapunji di negara bagian Meghalaya, India, ini justru terbuat dari akar pohon. Akar pohon di tepian kiri dan kanan sungai, dianyam hingga berbentuk jembatan. 

War-Khasis, yang merupakan suku lokal di tempat ini telah membuat jembatan dari akar sejak zaman dahulu kala. Hasilnya, jembatan akar tersebut kini masih bisa digunakan oleh para penduduk untuk melintasi sungai sepanjang 30 meter.

4. Jembatan pembelah sungai, Belanda
Jika sebagian besar jembatan dibuat di atas air, jembatan cekung di Fort de Roovere, dekat Desa Halsteren, Belanda, ini justru dibuat dengan membelah sungai. Jembatan ini dibuat oleh arsitektur bernama Wu Zhuoyi yang mendesain jembatan seperti sebuah parit. Dinding jembatan berfungsi seperti bendungan untuk menahan air masuk ke dalam jembatan.

5. Rolling Bridge, London
Jembatan yang membelah saat sebuah kapal melintas, mungkin sudah biasa. Tapi, bagaimana jika jembatan tersebut justru bergulung ketika sebuah kapal melintasi laut? Jembatan unik ini terletak di Paddington Basin, London. Dengan nama Rolling Bridge, jembatan ini akan bergulung tiap kali sebuah kapal yang menuju Grand Union Canal melintas di Jumat siang.

6. Jembatan batu, Yaman
Seorang insinyur mesin bernama Achilleas Vortselas pernah mengatakan bahwa tidak akan pernah ada jembatan modern yang bisa mengalahkan keindahan jembatan batu tradisional. Jembatan batu menjadi bukti kegigihan umat manusia dalam mengatasi hambatan, bahkan dengan sarana teknis yang sederhana. Shaharah Bridge di Yaman adalah salah satu contohnya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya