Menyelami Indahnya Biota Laut di Taman Nasional Taka Bonerate

Taka Bonerate
Sumber :
  • http://explorer.kbatur.com
VIVAlife-
Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat
Wisata alam bawah laut Bunaken, menjadi objek wisata terkenal di Sulawesi. Namun, jika Anda kembali menyambangi wilayah Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan, coba sesekali selami Taka Bonerate, perairan yang juga memiliki biota laut yang cantik.

Bukan dari Palestina, Merry Asisten Raffi Ahmad Ungkap Asal-usul Bayi Lily di Keluarga Andara

Taman Nasional Taka Bonerate terletak di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Ini adalah kawasan atol nomor tiga terluas di dunia, setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Hebatnya lagi, Atol hanya akan ditemukan di ketiga tempat ini.
Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal


Atol merupakan pulau karang yang berbentuk melingkar seperti cincin, di tengahnya terdapat danau yang disebut 'laguna'. Atol seperti pulau rendah, banyak ditemukan disekitar laut tropis dan subtropis, terutama di kawasan Samudera Pasifik dan Samudra Hindia.


Inilah yang dibanggakan dari Taka Bonerate. Surga bawah laut Bunaken ataupun Raja Empat, tidak memiliki dekorasi alam yang serupa.


Taman Nasional yang indah, karena diciptakan dengan topografi yang unik dan menarik. Selain Atol, wisatawan juga dapat menjelajahi 21 pulau, 7 pulau diantaranya dihuni oleh suku Bajo, Bugis, Selayar, Buton dan Flores.


Taman nasional ini memiliki lebih dari 50 situs menyelam yang fantastis, di antaranya adalah Pulau Tinabo, Pulau Tinanja, Pulau Kahabia, Belang-Belang, dan Taka Lamungan.


Air yang jernih, menampakkan karang-karang cantik di dasar laut. Para penyelam akan tergoda, ingin segera menelusuri 242 spesies karang, 526 spesies ikan berwarna-warni dan 112 spesies alga makro penghuni kawasan ini.


Bersiaplah bertemu lumba-lumba ataupun ikan pari, jika beruntung, hiu dan paus pun dapat dijumpai.


Taman Nasional Taka Bonerate ditempuh melalui jalur darat. Dari di Terminal Malengkeri, dapat menaiki Bus Aneka yang melayani angkutan penumpang Makassar – Selayar. Setibanya di Kabupaten Selayar, peancong harus menyeberang pulau dengan menggunakan Kapal Ferry.


Pulau Selayar adalah satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang berupa pulau, dan terpisah dari daratan utama Sulawesi Selatan. (eh)


Sumber: Indonesia Travel
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya