Papua Barat Tawarkan Destinasi Wisata Baru Selain Raja Ampat

Menelusuri eksotisme Raja Ampat
Sumber :
  • Dok. Adira Faces Of Indonesia
VIVA.co.id
Surga Bentang Alam Raja Ampat, Ada di Teluk Kabui
- Nama destinasi wisata dan keindahan Raja Ampat mungkin sudah biasa diperbincangkan masyarakat Tanah Air terlebih di media sosial. Namun kini, Papua Barat punya destinasi wisata baru yang tak kalah indahnya dengan Raja Ampat.

Cerita Tommy Kurniawan Berlibur ke Raja Ampat

Dialah Teluk Triton yang berada di kabupaten Kaimana, lalu ada pegunungan Arfak atau Pegav yang berada tepat di tengah-tengah Papua Barat. Pegunungan Arfak atau Pegav sendiri adalah kabupaten baru yang merupakan pemekaran dari kabupaten Manokwari, yang menyimpan keaslian Papua Barat. Jika malam, suhu di pegunungan Arfak bisa mencapai minur 5 derajat celcius.
Jokowi Optimistis Target Kunjungan Wisata Tercapai


"Teluk Triton  kini menjadi
trending topics
di berbagai berita. Sebab, keindahan bawah lautnya menjadi surga bagi mereka yang suka diving dan snorkeling. Arfak punya keindahan saat kita melihatnya lebih dekat," ujar Asisten I Bidang Pemerintahan Papua Barat, Musa Kamudi, Senin 18 Mei 2015.


Demi memperkenalkan budaya Papua Barat kepada masyarakat ibukota, hari Minggu kemarin, Musa bersama budayawan perwakilan Papua Barat menggelar acara ulangtahun ke-16 Papua Barat di bundaran HI. Hasilnya, ratusan orang tertarik akan tempat destinasi baru Papua Barat yang ditawarkan.


"Acara itu kami ingin promosi Papua Barat lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas. Tidak saja lebih dikenal masyarakat Indonesia tapi juga dunia. Karena Papua Barat panorama keindahan alamnya tidak saja yang telah dikenal seperti Raja Ampat yang kini sudah jadi ikon objek wisata Papua Barat," ujar Musa.


Di acara itu masyarakat yang tengah menikmati liburan dan tamu undangan disuguhkan berbagai acara menarik, seperti parade seni tari dan budaya Papua Barat yang diikuti penari-penari Papua Barat dari komunitas masyarakat Papua Barat di Jakarta dengan iringan lagu seperti Sajojo dan lain-lain. Selain itu ada juga senam dan atau tari yang dipandu Chun Funky Papua dan Midha. Serta hiburan langsung dari penyanyi dengan lagu-lagu asli Papua.


“Kegiatan itu merupakan
first step
atau langkah pertama yang mengawali beberapa kegiatan dalam rangka menyambut hari jadi Propinsi Papua Barat ke 16 yang jatuh pada 12 Oktober mendatang," ujar Ketua Perwakilan Papua Barat Jakarta, Juliana A. Muitimu melalui sambungan telepon, Senin 18 Mei 2015.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya