Uniknya Danau Garam di Turki

Danau garam Uyuni
Sumber :
  • REUTERS/David Mercado
VIVA.co.id
Khasiat Lemon dan Garam Bersihkan Hawa Negatif di Rumah
- Danau Tuz, atau sering disebut Tuz Golu, merupakan sebuah danau garam yang terletak di sebuah daerah yang luas di tengah dataran tinggi gersang di Turki. Danau tersebut berada sekitar 105 kilometer sebelah timur laut Konya.

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Dilansir dari
Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar
Amusing Planet, ini merupakan danau terbesar kedua di Turki. Danau ini dialiri dua sungai besar, air tanah, dan permukaan air, tetapi tidak memiliki muara sehingga menyebabkan kandungan garamnya tinggi.


Dalam beberapa tahun terakhir, dasar danau ini sangat dangkal dan hanya memiliki tinggi satu meter saja. Selama musim panas, danau ini sangat kering, air pun menguap dalam jumlah besar, meninggalkan kerak garam pada permukaan mencapai 30 sentimeter ketebalannya.


Uniknya, garam ini lalu dipanen, dihaluskan, dan dijual ke daerah seluruh Turki. Hebatnya lagi, sekitar 63 persen dari garam yang dikonsumsi di Turki sebagian besar berasal dari Danau Tuz.


Sama seperti danau garam lainnya, danau Tuz adalah tempat berkembang biak hewan halophiles seperti mikroalga dunaliella salina. Ditambah kondisi salinitas tinggi dan intensitas cahaya, warna airnya berubah merah karena produksi karotenoid.


Pigmen ini dapat memberi efek warna merah sehingga terlihat layaknya darah. Danau ini juga merupakan tempat berkumpulnya burung flamingo, angsa, dan unggas lain. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya