Eksotisme Terpendam, Curug Genting di Banjarnegara

Ilustrasi curug sindaro.
Sumber :
  • @iqbal_kautsar / Diasporaiqbal.blogspot.com
VIVA.co.id
Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia
- Wisata air terjun dengan keindahan alamnya, adalah lokasi wisata yang banyak diburu penikmat jalan-jalan negeri ini.
Nah
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
, di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, ada air terjun indah, yang sayangnya belum banyak diketahui wisatawan lokal.
Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata

Selain punya panorama indah dan udara nan sejuk, lokasi ini juga memiliki sumber air panas, yang pastinya menarik untuk disambangi. Nama air terjun, atau dalam bahasa Jawa disebut curug ini, adalah Ginting, meski sebagian besar ada pula yang memangilnya Genting.


Ia berada di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran. Sayangnya, meski punya pemandangan alam molek, ia belum dikelola maksimal. Bahkan, jalanan yang ada hanya pematang saluran air irigasi, serta jalan setapak melewati ladang pertanian warga.


Dari lokasi rumah penduduk di Desa Giritirta, perjalanan harus ditempuh selama 30 menit. Meski agak repot, setelah sampai ke sana, pemandangan indah yang dihadirkan benar-benar memanjakan mata. Sejauh mata memandang ada batu bara putih, dengan ketinggian 70 meter, lengkap dengan kabut air yang kadang menciptakan pelangi.


Di lokasi ini, pengunjung bisa merasakan sejuknya air pegunungan di kolam air terjun yang dingin. Tetapi ingat ya, tetap harus berhati-hati karena batunya lumayan licin, bisa membuat tergelincir kalau tak waspada. Berfoto ria di sana, juga menjadi kegiatan favorit sebagian turis yang datang.


Sementara itu, sumber air panasnya memiliki batuan dengan bentuk indah. Sumber airnya yang berwarna kuning, karena mengandung belerang makin mempertegas kalau air itu keluar dari jalur magma.


“Untungnya, karena belum dikelola dengan serius, masuk ke lokasi ini belum dikenai tiket. Tetapi kepuasan menikmati kesejukan udara, dan pemandangan yang elok, cukup maksimal. Saya datang ke sini utnuk menikmati mandi air panas,” kata Martono, salah seorang pengunjung, Selasa, 28 Juli 2015.


Laporan: Sonik Jatmiko, Banjarnegara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya