Meriahnya Kirab Budaya Gotong Toapekong

Kirab Budaya Gotong Toapekong Ultah Dewa Fat Cu Kung di Glodok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko
VIVA.co.id
Menjelajahi Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu
- Kirab budaya dan ruwat Bumi dengan gotong toapekong dalam rangka memperingati Se Jit atau ulang tahun Dewa Fat Cu Kung di Jalan Kemenangan VII Glodok, Tamansari, Jakarta Barat berlangsung pada Minggu 18 Oktober 2015 di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Kirab budaya ini diikuti 90 perwakilan vihara di Indonesia.

Anak-anak di China pun Demam Drama Korea
Kirab budaya dan ruwat Bumi gotong toapekong dilepas oleh Wali Kota Jakarta Barat, HM Anas Efendi mewakili Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. "Bagi masyarakat Tionghoa, Dewa Fat Cu Kung adalah dewa rezeki dan dianggap manusia bijaksana. Oleh karena itu, saya berharap masyarakat Tionghoa dapat mengikuti jejak kehidupannya," ujar Anas.

Shanghai Jadi 'Sasaran' Kampanye Wisata Diving Indonesia
Arak-arakan atau kirab melintasi beberapa jalan mulai Jalan Kemenangan VII, Jalan Toko Tiga, Jalan Pintu Kecil, Jalan Asemka, Jalan Pintu Besar Utara, Jalan Kali Besar Timur, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Gajah Mada, dan kembali ke Jalan Kemenangan.

Kegiatan kirab budaya diawali dengan ritual mulai pukul 11.00 WIB di Kelenteng Fat Cu Kung Bio, Glodok. Kemudian, mengeluarkan kongco yang dibawa dari daerah masing-masing.

Kongco tersebut kemudian dipersiapkan di atas "kio" atau tandu di Sekolah Ricci, Jalan Kemenangan VIII untuk persiapan kirab dan sekitar pukul 13.00 WIB acara kirab mulai diberangkatkan dari halaman Kelenteng Fat Cu Kung Bio menuju Museum Fatahillah dan kembali lagi ke Kelenteng.

Satu per satu kongco diarak masing-masing kelompok mengelilingi kawasan Gajah Mada dengan diiringi musik genderang yang meriah. Peserta yang memikul kongco berjalan sambil mengikuti alunan musik.

Selain arak-arakan Kongco, kirab ini juga diikuti kesenian tradisional dari berbagai daerah, di antaranya pertunjukan ondel-ondel-ondel, tanjidor, reog dan berbagai kesenian lainnya. 

Komisaris Umum Perhimpunan Tempat Ibadah Tridharma se-Indonesia, Gunawan Putra Wirawan mengungkapkan, tujuan dari acara kirab ini adalah untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia. 

"Untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia, seperti budaya Tionghoa di antaranya barongsai, Liong, kemudian ada dari Jawa tengah yaitu reog. Selain itu, ada dari Jakarta, pertunjukan ondel-ondel, dan tanjidor," kata Gunawan.

Selain itu, sebagai simbol pemanjatan doa bersama agar wilayah Jakarta khususnya sekitar Kelurahan Glodok diberikan kemakmuran dan kedamaian.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya