Merasakan Suasana Serba Korea di Sini

Menyusuri jalanan Gangnam di Korea Selatan
Sumber :
  • REUTERS/ Lee Jae-Won

VIVA.co.id - Tak bisa dimungkiri, pengaruh yang diberikan oleh bintang-bintang Korea sangat besar. Mulai dari makanan seperti ramyun dalam panci warna emas, yang sangat digemari dan membuat orang Indonesia penasaran, kimchi, ponsel, kedai kopi, hingga K-Pop dance, kini semakin mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

Tak Ingin berpuas diri, Korea Tourism Organization (KTO Jakarta) tetap rutin mengadakan Korea Festival setiap tahunnya, agar budaya Korea semakin dikenal dan lebih dicintai masyarakat Indonesia.

Tahun ini, bertempat di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Korea Festival dengan tema Korea Spring & Summer Festival akan digelar selama tiga hari, mulai dari 8 hingga 10 April 2016.

Pada festival kali ini, terbagi menjadi dua tema besar, Enjoy Korea dan Experience Korea. Dalam Enjoy Korea pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjukan dari partisipan asal Korea ataupun Indonesia. Untuk pertunjukan asli Korea, pengunjung disuguhkan aksi keren non verbal performance dari Sachoom.

"Sachoom adalah pertunjukan yang memperlihatkan tarian-tarian khusus, memadukan cerita dengan musik, baik jazz, modern hingga breakndance," ujar Direktur Korea Tourism Organization Jakarta OH Hyonjae dalam temu medis Korea Festival 2016, di bilangan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin, 4 April 2016.

Sachoom sendiri merupakan kependekan kata Saranghamyeon Choom chuora, yang berarti jika kamu cinta, menarilah. Selama pertunjukan, penonton diperbolehkan mengambil gambar  asalkan tidak menggunakan flash.

Selain Sachoom juga akan ada pertunjukan The Painters: Hero. Merupakan pertunjukan menggambar atau drawing show langsung di hadapan penonton. Pertunjukan ini diekspresikan melalui tarian yang menyenangkan, dan juga pantomim. "Biasanya mereka selalu membuat gambar dari negara tujuan mereka," jelas OH Hyonjae.

"Saat di Hong Kong mereka menggambar simbol terkenal Bruce Lee, di Indonesia sendiri mereka akan gambar apa itu masih kejutan."

Selain itu, masih ada pertunjukan taekwondo Korea yaitu Kyrougi, dan Phoosae, dan untuk partisipan Indonesia akan ada lomba Kpop Cover Dance 2016, dan juga Ice Craving.

"Dari video yang telah di submit, sudah terpilih lima tim yang akan tampil di Korea Festival 2016. Peserta ini akan mempertunjukkan tarian dari idolanya, seperti Super Junior, Big Bang, EXO, 2NE1," kata OH Hyonjae.

Dalam festival ini juga, pengunjung bisa berfoto dengan menggunakan pakaian khas Korea, Hanbok, di booth yang telah disediakan, dengan latar musim semi Korea, gratis, tanpa dipungut biaya.

Pantai Kayuburu Tuan Rumah Festival Nasional Musik Tradisi
Kentang.

Semarak Festival Kentang di ‘Dapurnya’ Indonesia Timur

Festival kali ini memasuki tahun ketiga.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016