Sejarah Unik Museum Damkar di Puerto Rico

Museum Damkar Puerto Rico
Sumber :
  • flickr

VIVA.co.id – Jika melancong ke Puerto Rico, kota Ponce adalah destinasi yang bisa jadi alternatif. Di kota ini terdapat museum pemadam kebakaran unik yang memiliki beragam cerita menarik di dalamnya.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Dari segi arsitektur, bangunan yang diberi nama Parque de Bombas ini adalah bangunan tua yang dicat dengan pola garis-garis hitam dan merah menyala. Museum ini terletak di Plaza Las Delicas, tepat di belakang gereja Ponce Cathedral dan merupakan pos pemadam kebakaran pertama yang ada di Puerto Rico.

Bangunan ini didirikan pada 1882 untuk keperluan pameran agrikultur dan industri di acara 1882 Exhibition Trade Fair.  Bangunan ini didesain oleh seorang tentara Spanyol yang juga berprofesi sebagai arsitek. Material bangunan ini didominasi oleh kayu dan memiliki gaya arsitektur Moorish dan Gothic Victorian.

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Parque de Bombas memiliki satu ruang terbuka yang diapit oleh dua menara bertingkat dua. Ruangan ini dulunya berfungsi sebagai garasi untuk mobil pemadam kebakaran dan dua menara berfungsi untuk area pameran. Selain itu, terdapat tangga dua arah yang mengarahkan pengunjung ke mezanin yang digunakan sebagai kantor administrasi.

Dilansir dari Amusing Planet, bangunan merah ini mulai digunakan sebagai pos pemadam kebakaran sejak 1883. Saat itu terjadi kebakaran hebat yang berpotensi menghanguskan seluruh kota. Para relawan yang bertindak sebagai pemadam kebakaran memulai operasi mereka dari gedung tersebut. Butuh beberapa hari bagi mereka untuk memadamkan api di kota tersebut. Saat itu, Puerto Rico belum memiliki satuan pemadam kebakaran resmi dan masih mengandalkan sukarelawan dari penduduk setempat.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Kebutuhan akan layanan pemadam kebakaran sangat dirasakan di masa pemerintahan Miguel De La Torre, Gubernur Ponce tahun 1823. Tiga tahun sebelumnya, kebakaran hebat kembali terjadi di Ponce. Miguel De La Torre kemudian memerintahkan agar seluruh laki-laki berusia 16 hingga 60 tahun menjadi relawan pemadam kebakaran dan harus menyediakan alat pemadam sendiri. Sayangnya, saat De La Torre berhenti menjabat, pasukan pemadam kebakaran tersebut menjdi terbengkalai.

Ketika kebakaran kembali terjadi pada 1845, Conde de Marisol, yang saat itu memerintah Puerto Rico, kembali membuat sebuah organisasi relawan pemadam kebakaran dan dikukuhkan sebagai organisasi resmi pada1883. Tidak lama setelahnya  Parque de Bimbas menjadi pos pemadam kebakaran resmi milik kota Ponce.

Pada 1990, pos pemadam kebakaran kota Ponce dipindahkan ke tempat lain dan bangunan tersebut dialihfungsikan menjadi museum pemadam kebakaran. Di museum ini terdapat berbagai alat pemadam kebakaran dan memorabilia dari gedung tersebut, salah satunya foto yang memperlihatkan aksi heroik seorang laki-laki yang berjuang melawan api saat kebakaran tahun 1883.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya