9 Destinasi Wisata Pilihan di Malang

Masjid tiban 1000 pintu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dyah Ayu Pitaloka

VIVA.co.id – Kota Malang dan Kabupaten Malang merupakan dua kota yang saling komplementer, saling melengkapi sebagai daerah tujuan wisata. Kota ini bisa menjadi tujuan mudik Anda saat Lebaran mendatang, karena ada banyak spot destinasi wisata yang sudah siap Anda kunjungi.

4 Lokasi Wisata Petik Apel di Malang, Wajib Kunjungi

Selain destinasi wisatanya yang lengkap, mulai destinasi alam hingga buatan, udara di kota ini juga sejuk. Selain lokasi wisata, yang tak kalah terkenal dari Kota Apel ini adalah kulinernya.

"Malang memang keren! Udaranya sejuk, destinasinya lengkap dan kulinernya benar-benar enak," kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata (Menpar) dalam rilisnya kepada VIVA.co.id.

Liburan Lengkap Bersama Keluarga di Kota Malang

Jika ingin menikmati beragam wisatanya, Anda bisa mencobanya saat libur Lebaran nanti bersama keluarga, pasangan atau teman. Berikut ini 10 lokasi wisata di Malang, yang patut Anda sambangi.

1. Pantai Balekambang

Mengembalikan Jargon Kota Bunga Lewat Malang Flower Carnival

Bila selfie di sini, maka akan banyak orang yang mengira Anda sedang berada di Bali. Sebab, Pantai Balekambang juga memiliki Pura di atas laut seperti yang terdapat di Tanah Lot.

Pura ini sengaja di bangun oleh Bupati Malang pada tahun 1985, mengikuti desain pura di Tanah Lot. Hanya saja pura di Balekambang memiliki ukuran yang lebih kecil.

Adapun pantai yang terletak 65 kilometer (km) di selatan Kota Malang ini juga menawarkan pemandangan luar biasa. Hamparan pasir putih dan deburan ombak nan cantik akan membuat Anda menyesal bila tak sempat mampir ke Balekambang saat berada di Malang.

Pulau Balekambang

2. Museum Angkut

Museum pada umumnya identik dengan suasana sepi dan membosankan, namun berbeda halnya dengan museum satu ini. Di Museum Angkut, Anda justru akan mendapat pengalaman yang sangat menyenangkan.

Di sini Anda bisa melihat berbagai koleksi jenis transportasi mulai dari sepeda ontel, delman, mobil listrik sampai mobil balap F1. Di sini juga ada mobil yang pernah dipakai oleh Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno.

Ada 10 zona yang bisa Anda jelajahi di tempat wisata seluas 3,7 hektare ini, antara lain Zona Edukasi, Italia, Inggris, Perancis, Las Vegas, Jerman, Hollywood, Jepang, Gangster & Broadway dan tentu saja Batavia. Setiap zona dibuat semirip mungkin dengan aslinya, mulai dari jalanan sampai landmark khasnya, sehingga membuat zona-zona tersebut menjadi tempat favorit untuk berfoto.

Museum Angkut

3. Jatim Park 1

Wahana air yang satu ini sudah sangat dikenal oleh warga Malang. Lokasinya berada sekitar 20 km dari Kota Malang.

Di Jatim Park 1, Anda bisa menikmati 36 wahana air berbeda. Namun yang paling populer di sini adalah kolam ombak buatan dengan latar belakang parung raksasa Ken Dedes, Ken Arok dan Mpu Gandring.

4. Jatim Park 2

Jatim Park II yang berada di Jalan Oro-oro Ombo, Batu, ini menawarkan dua zona wisata utama, yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Di Museum Satwa, Anda bisa melihat binatang dari berbagai benua yang diawetkan dan diletakkan di lokasi yang dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya.

Ada juga replika kerangka raksasa dinosaurus yang menjadi salah satu objek foto favorit wisatawan. Selain itu, Anda juga bisa melihat beragam jenis serangga yang diawetkan di insectarium, mulai dari kumbang, belalang, laba-laba sampai kupu-kupu berbagai warna.

Puas melihat binatang yang telah diawetkan, saatnya melihat binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Kebun binatang ini adalah satu-satunya kebun binatang berkonsep modern di Indonesia. Anda akan merasakan sensasi berbeda saat mengunjungi kebun binatang ini, karena hanya ada lapisan kaca yang memisahkan Anda dengan sejumlah binatang buas, seperti singa dan harimau.

Jika belum puas menjelajahi tempat wisata di Malang ini dalam sehari, Anda bisa menginap di Hotel Pohon Inn. Hotel ini memiliki konsep yang sangat unik, di mana bangunannya dibuat menyerupai sebuah batang pohon raksasa dan dikelilingi oleh pegunungan.

5. Batu Night Spectacular

Berwisata di siang hari terlalu biasa buat Anda? Cobalah datang ke Batu Night Spectacular atau yang biasa disingkat dengan BNS. Tempat wisata di Malang ini buka mulai pukul 15.00 sampai 24.00 WIB.

Di sini, Anda seperti kembali ke masa kecil karena suasananya mirip dengan pasar malam. Apalagi dengan adanya komedi putar, dengan kuda-kuda buatan yang bisa Anda naiki.

Di BNS juga ada air mancur yang bisa menari dan berubah warna sesuai dengan musik yang sedang dilantunkan. Lampion Garden juga tak kalah menarik. Di sini, Anda bisa melihat lampion dengan berbagai warna dan bentuk yang sangat cantik untuk dijadikan latar Anda ber-selfie.

Beberapa wahana yang tak boleh Anda lewatkan, antara lain Rumah Hantu, Baby Wheel, Mouse Coaster, Art Trick, Gravitron dan Avatar.

6. Coban Rondo

Coban Rondo merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata air terjun di Malang. Menurut sejarahnya, nama Coban Rondo diambil dari kisah percintaan antara Dewi Anjarwati dengan suaminya, Raden Baron Kusuma.

Bila datang di pagi hari, Anda akan melihat biasan cahaya matahari yang menghantam buih-buih air, sehingga membentuk pelangi. Tempat ini juga sangat cocok bagi penggemar selfie.

7. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot adalah salah satu wisata pantai di Malang yang masih tergolong perawan. Lokasinya ada di desa Pujiharjo, Kabupaten Malang.

Pasir kecoklatan dan laut yang berwarna biru jernih, dipastikan akan membuat Anda tak ingin buru-buru pergi dari tempat ini. Namun yang menjadikan pantai ini istimewa adalah keberadan Coban Sipelot, atau air terjun yang tingginya hanya 10 meter.

Pantai Sipelot

8. Masjid Tiban

Masjid yang satu ini memiliki desain bangunan yang sungguh luar biasa indahnya. Masjid megah ini terdiri dari sembilan lantai, lengkap dengan toko suvenir dan toko makanan ringan.

Selain fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan dari berbagai daerah yang datang ke Malang.

masjid tiban 1000 pintu

9. Wisata Paralayang

Nah, wisata yang satu ini cocok bagi anda yang menggilai tantangan. Tempat wisata yang berada di Kota Batu ini menawarkan sensasi melihat keindahan panorama alam Malang dari ketinggian.

Bila Anda belum pernah menjajal olahraga ekstrem ini, maka akan ada seorang guide yang akan mendampingi Anda untuk terbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya