Ambisi Tomohon Gusur Pamor Festival Bunga Pasadena Amerika

Festival Bunga Tomohon 2012 lalu
Sumber :
  • ANTARA/ Fiqman Sunandar
VIVA.co.id - Kota Tomohon di Sulawesi Utara berambisi mengalahkan sekaligus menggusur pamor Festival Bunga Pasadena di Amerika Serikat. Festival Bunga Tomohon yang bakal digelar pada 8 Agustus 2016 dipastikan berbeda daripada kegiatan serupa pada tahun-tahun sebelumnya.
Tepung Kelapa dari Sulut Diminati Warga Rusia

Festival bunga yang telah diselenggarakan tiap tahun sejak 2008 itu bakal dikemas lebih meriah dan penuh warna.
Festival Bunga Tomohon Disaksikan Ribuan Wisatawan

Panitia penyelenggara dan Pemerintah Kota telah mempersiapkan berbagai kegiatan untuk memeriahkan festival itu, di antaranya, Tomohon in Wonderland, pertunjukan pembuka yang menampilkan adegan drama.
Ke Manado, Megawati Kunjungi Gereja

“Dua tokoh utamanya, yakni raja yang adil-bijaksana dan ratu bunga nan cantik, murah senyum dan murah hati serta dermawan,” ujar Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, pada Kamis, 4 Juli 2016.

Jimmy juga mengungkapkan, Tomohon International Flower Festival (TIFF) tak sekadar festival bunga, tapi dikemas multi kegiatan.

“Ada panggung hiburan dan pesta rakyat. Kemudian lomba lari Tomohon Linou Lake sepuluh kilometer, pemecahan rekor Muri baca puisi, Festival Geothermal dan masih banyak kegiatan lainnya," ujar Jimmy.

Wali Kota menjelaskan, kegiatan yang disuguhkan cukup beragam, sehingga akan memberikan kesan tersendiri bagi peserta dan pengunjung. Sebelum acara puncak pada 8 Agustus 2016, TIFF akan diawali kegiatan pendamping seperti lomba paduan suara antar-denominasi gereja.

“Paling penting juga pelaksanaan TIFF mendukung program Pemerintah Provinsi Sulut, yakni kunjungan satu juta wisatawan mancanegara dalam setahun,” ujar Jimmy.

TIFF 2016 telah terdaftar 27 peserta parade kendaraan yang dihiasi bunga, di antaranya, sejumlah negara sahabat seperti Australia, Selandia Baru, Jepang, Tiongkok, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Kegiatan utama Festival Bunga Tomohon, antara lain, Tournament of Flowers, Kontes Ratu Bunga, Pameran Bunga/Florikultura, dan Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara.

Tournament of Flowers adalah kegiatan pawai kendaraan hias bertaraf internasional yang akan diikuti perwakilan negara sahabat, kabupaten/kota se–Indonesia, dan perusahaan swasta/BUMN/BUMD.

Kontes Ratu Bunga ialah kontes bertaraf nasional yang akan menjaring para putri terbaik se-Indonesia, yang memiliki bakat dan kemampuan serta rasa cinta pada bunga, sehingga mampu menjadi duta yang mempromosikan pariwisata melalui bunga.

Pameran Bunga/Florikultura adalah eksebisi bunga yang akan menampilkan kekayaan florikultura dalam beragam desain unik dan menarik.

Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara akan menampilkan kekayaan Nusantara melalui ragam seni dan budaya dari berbagai daerah, baik di Sulawesi Utara maupun Indonesia secara keseluruhan. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya