Cara Mudah Atasi 'Jet Lag' Setelah Liburan

Ilustrasi backpacker.
Sumber :
  • Pexels

VIVA.co.id – Liburan telah usai, namun bukan perasaan relaksasi yang Anda rasakan namun justru kesulitan tidur hingga lelah berkepanjangan. Jika itu yang Anda rasakan, berarti Anda sedang mengalami jet lag.

Microsleep Intai Pemudik Bisa Sebabkan Kefatalan, Apa yang Perlu Dilakukan?

Jet lag seringkali dialami usai liburan panjang, entah akibat dari perbedaan waktu dari wisata yang dikunjungi atau waktu istirahat yang berubah akibat aktivitas melancong yang banyak. Salah satu cara untuk mengurangi kondisi jet lag tersebut, seorang peneliti menyarankan untuk menghindari konsumsi kafein.

“Hindari kafein dan alkohol sebelum Anda tidur, perlahan akan mengembalikan jam tidur Anda kembali," ujar peneliti dari Departmen Psikologi, Cristina Ruscitto, dikutip dari laman Huffington post.

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi di Bulan Ramadhan, Saat Berbuka Puasa atau Sahur?

Lebih lanjut, Cristina menuturkan, untuk mengembalikan irama sirkadian (irama otomatis tubuh) tersebut, jam alami pada tubuh, ternyata berkaitan dengan mengonsumsi makanan. Sebab, irama sirkadian tersebut tidak hanya berhubungan dengan otak tapi juga organ tubuh lainnya seperti perut, hati dan paru-paru.

"Irama sirkadian dipengaruhi dua bagian yaitu Jam periferal, merespon pada makanan dan jam utama yang merespon pada cahaya," ucapnya.

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa, Dijamin Gak Bikin Begah

Sehingga, ia menyarankan untuk mengonsumsi makanan di waktu reguler secara rutin, artinya tetap makan saat waktunya tiba meski tubuh belum mau. Karena, dengan begitu, akan kembali membuat irama sirkadian berjalan normal.

Jet lag

Ilustrasi kopi.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Kopi tanpa kafein kerap menjadi pilihan bagi orang-orang yang menghindari kafein namun ingin tetap mengonsumsi kopi. Namun sepertinya, Anda harus mulai mempertimbangkan.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024