Tips Aman Berlibur ke Luar Negeri

Ilustrasi Paspor
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pergi berlibur merupakan salah satu cara orang untuk bisa bersantai dari hiruk pikuk pekerjaan atau kebiasaan yang membosankan.

Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Namun, ketika Anda bepergian dalam jarak jauh dan kurun waktu yang lama, akan banyak ancaman yang akan Anda hadapi, seperti penipuan, penculikan dan bahkan perampokan. Untuk itu Anda harus lebih waspada dengan dalam segala kondisi.

Dilansir dari Travelerstoday, berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk memastikan liburan bisa aman dan bebas dari penipuan , penculikan dan perampokan.

Tips Liburan Keluarga Ala Tasya Kamila, Perhatian Lebih untuk Si Kecil

Selalu memastikan uang tunai dan dokumen aman

Jangan menyimpan barang-barang berharga Anda di ransel. Sebab, beberapa perampok sebagian besar secara diam-diam mengintai isi ransel Anda. Karena itu Anda harus memastikan bahwa uang disimpan di tempat yang aman.

Jerome Polin Bagikan Tips Traveling Anti-Mainstream ke Jepang Tanpa Khawatir Dompet Kering

Anda dapat menggunakan hotel atau akomodasi seperti lemari besi dan tempat aman untuk menyimpan uang ekstra, kartu, dan paspor. Saat pergi keluar, pertimbangkan untuk mengurangi isi dompet atau tas, agar tidak akan menarik perhatian pencopet.

Ekstra hati-hati ketika bertransaksi dengan kartu kredit

Bank sebagai penyedia kartu kredit akan selalu meningkatkan keamanan dan pemantauan aktivitas yang tidak biasa pada kartu. Karena itu, sebelum bepergian ke luar negeri, Anda harus mengonfirmasi jasa kartu kredit yang akan Anda pakai..

Waspadai penipuan pada mesin ATM

Seperti yang dibahas oleh The Planet D, skimmer ATM dapat menggunakan metode yang berbeda untuk mencuri kartu Anda dan memperoleh informasi dari perbankan.

Gunakan ATM hanya pada bank dan tanpa orang yang mencurigakan di sekitarnya. Jangan pernah memasukkan PIN Anda lebih dari sekali. Jika gagal memasukkan PIN pada percobaan pertama, batalkan transaksi segera. Jika kartu Anda telah tertelan di mesin ATM, segera laporkan ke pada bank yang bersangkutan bahwa kartu Anda sedang dalam masalah.

Waspadalah terhadap orang asing yang mengaku sebagai petugas

Meskipun ada yang berpakaian polisi di daerah, Anda jangan merasa aman. Bisa jadi itu salah satu motif dari perampokan yang menyamar sebagai petugas. Jangan pernah menyerahkan dokumen Anda ke orang asing, terutama jika Anda merasa bahwa ada sesuatu yang mencurigakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya