Keindahan Wisata Indonesia dari Kacamata Media Asing

Wisata Matahari Terbit Borobudur
Sumber :
  • Antara/Andreas Fitri Atmoko

VIVA.co.id – Jika Anda berpikir untuk berkunjung ke Indonesia pada liburan berikutnya, tidak diragukan lagi, Bali menjadi dalam daftar. Tapi, Indonesia memiliki lebih banyak tempat wisata yang ditawarkan.

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Ada sekitar 18.000 pulau di Indonesia, tetapi hanya sekitar 6.000 di antaranya yang berpenduduk. Beberapa seperti di Jawa, mempunyai setengah dari populasi Indonesia. Sementara itu, pulau-pulau terpencil seperti Raja Ampat terdapat rumah hanya untuk beberapa keluarga.

Indonesia sangat sempurna untuk para pencinta petualangan, pencari budaya, dan mereka yang ingin bersantai. Jika mempunyai waktu sekitar dua sampai tiga pekan, Anda akan dapat merasakan semua kota di Indonesia dan menikmati beberapa hari Bali di akhir liburan.  

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

Dari kuil epik di daerah Yogyakarta, lanskap subur Bandung, ke pulau-pulau surga di Raja Ampat, saatnya berpetualang di indahnya Indonesia, seperti dilansir laman Metro. 

Yogyakarta

Pemkot Denpasar Harapkan Penghargaan Tingkatkan Sektor Pariwisata dan Kebudayaan Kota

Kota Yogyakarta adalah tempat sempurna untuk menjelajahi kuil terkenal di Indonesia. Pada bagian barat laut terdapat Borobudur, Candi Budha terbesar di dunia dan daya tarik wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. 

Candi ini dibangun pada abad ke-9. Pada tahun 70-an, candi ini dipulihkan dan dilindungi oleh Unesco.

Menikmati Matahari pada pagi hari di Borobudur sangat legendaris, tidak hanya candi yang diterangi, gunung-gunung berapi di sekitarnya juga ikut merasakan panasnya Matahari. Pemandangan di sini benar-benar ajaib.

Sementara itu, di timur laut Yogyakarta terdapat Candi Prambanan, situs candi Hindu terbesar di negara ini. Delapan candi utama yang besar, masing-masing mencakup detail yang luar biasa.

Yogyakarta merupakan tujuan besar untuk pencinta seni dan budaya dengan pembuatan batik serta pertunjukan tarian yang sangat populer bagi pengunjung.  

Bandung

Kota terbesar ketiga di Indonesia terletak beberapa jam perjalanan dari Jakarta. Kota ini menawarkan kesempatan untuk mendapatkan budaya Indonesia, menjelajahi beberapa pemandangan dramatis, dan tempat-tempat untuk bersenang-senang. Sementara itu, untuk pencinta adrenalin bisa menikmati dengan berkesempatan untuk off-road.

Orang-orang Sunda suka menyampaikan budaya mereka melalui serangkaian permainan yang menyenangkan, musik, dan kerajinan. 

Selain itu, taman ekowisata Dusun Bambu yang terletak di kaki bukit aktif Gunung Burangrang menawarkan tempat wisata untuk makan siang dengan pemandangan menghadap ke danau berperahu. Anda juga dapat menikmati berbagai permainan yang disediakan di tempat ini.

Untuk yang suka akan makan, terdapat Kampung Daun, sebuah restoran di hutan dengan beberapa air terjun yang mengalir. Anda dapat menikmati berbagai makanan seperti nasi goreng sambil menikmati alam sekitar.

Raja Ampat

Setelah menikmati dua kota di Indonesia, saatnya untuk menuju pemandangan surga, Raja Ampat, sebuah kepulauan tak tersentuh di Papua Barat.

Ini menjadi salah satu pulau yang paling indah di planet ini, dan merupakan perairan bio yang paling beragam di dunia, membuat diving dan snorkeling menjadi lebih mantap.

Penyelam akan mendapatkan kesempatan untuk melihat ikan jack sirip biru, hiu karang abu-abu, hiu sirip hitam, sirip putih, dan wobbegong. Menikmati pulau-pulau di sini sangat populer dan suatu keharusan ketika berkunjung ke Raja Ampat. 

Pemandangan paling terkenal di Raja Ampat adalah Piarnemo. Gugusan pulau-pulau yang bergunung-gunung kecil terletak di bagian paling terang dari perairan. 

Kepulauan Gili

Kepulauan Gili (Gili Trawangan, Meno, dan Air) terletak di antara Pulau Lombok dan Bali. Lokasi ini sangat cocok untuk wisatawan backpacker, karena di sini tidak ada mobil untuk mengantar Anda ke berbagai lokasi wisata. Hanya ada sepeda atau kereta kuda. Selain pemandangan pantai yang indah, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling.

Bali

Ada begitu banyak tempat yang indah di Bali, tapi sebelum merencanakan waktu, Anda perlu memutuskan apakah berlibur untuk berpetualang, berlibur mewah, atau campuran antara keduanya.

Seminyak, Kuta, dan Nusa Dua adalah tempat bagi banyak resor yang menakjubkan. Hotel seperti The Bale menawarkan paviliun pribadi dengan kolam renang yang besar serta kebun yang indah. Selain itu, Anda bisa menikmati pijat spa, serta makanan di restoran baru TAPA Bistro.

Dengan perjalanan singkat, Anda dapat menikmati kuil suci Uluwatu bertengger tinggi di tebing. Bagi yang menyukai selancar, terdapat pantai Blue Point yang dikenal untuk peselancar kelas dunia, dan ada banyak kafe yang bagus untuk menonton peselancar beraksi. 

Ingin berpetualang, Anda dapat menghabiskan waktu di Ubud. Kota hutan trendi di tengah-tengah pulau dan terdapat monyet, sawah Tegallalang serta sejumlah air terjun yang mengesankan.

Tidak hanya itu, Anda dapat mengunjungi Gunung Batur, gunung berapi yang besar dan terbaik untuk mendaki saat Matahari terbit. Pemandangan di sini tidak akan Anda lupakan dalam hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya