Sumatera Barat Punya 6 Tempat Wisata Halal Unggulan

Cagar alam Lembah Anai, Sumatera Barat
Sumber :
  • Antara/ Paramayuda

VIVA.co.id – Provinsi Sumatera Barat tengah gencar mempromosikan wisata halal ke negara-negara muslim. Bahkan kini sudah banyak objek wisata di Sumatera Barat yang unggul menjadi destinasi wisata halal, seperti Danau Diatas dan Danau Dibawah.

Kemenparekraf Tingkatkan Rating Indonesia dalam Wisata Ramah Muslim Berbasis Masjid

Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sumatera Barat, Syafruddin mengatakan, objek wisata di Sumatera Barat saat ini sudah banyak dilirik oleh turis asal Timur Tengah.

"Orang Timur Tengah kan suka tempat wisata yang sejuk-sejuk, nah mereka suka sekali tuh wisata alam di Sumatera Barat dan wisata pantainya," kata Syafuddin saat ditemui di Hotel Balairung, Jakarta Selatan, Senin, 14 November 2016.

7 Destinasi Wisata Halal Filipina, Tetangga Indonesia yang Ramah Traveler Muslim

Berikut objek wisata yang menjadi destinasi wisata halal yang mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan Timur Tengah.

Danau Diatas dan Dibawah

Lombok Jadi Destinasi Paling Ramah Muslim di Indonesia

Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Berlokasi di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kabupaten Solok, dua danau ini berjarak kurang lebih 47 kilometer dari Solok dan 56 kilometer dari Padang.

Untuk menuju Danau Diatas, wisatawan harus melalui jalan yang menurun, sedangkan untuk menuju Danau Dibawah, pengunjung harus melalui jalan yang mendaki. Di sekitar danau juga ditanami pohon buah markisa dengan rasa yang manis, sayur-sayuran, dan kentang.

Pulau Cubudak

Pulau Cubadak adalah salah satu pulau di kawasan Mandeh, Pesisir Selatan yang telah dikelola menjadi objek wisata berskala internasional oleh investor dari Italia. Resor ini memiliki 13 bungalow dan satu suite dengan pemandangan alam yang menawan, dilengkapi pula oleh beberapa sarana penunjang untuk kegiatan diving, snorkeling dan memancing. Resor juga dilengkapi dengan motor boat, dermaga dan beberapa fasilitas bahari lainnya.

Lembah Anai

Lembah Anai merupakan salah satu maskot wisata di Padang, bahkan Sumatera Barat. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan berbagai panorama alam yang sangat memukau dan menyejukkan mata sehingga sangat cocok untuk merileksasi pikiran dari penatnya kegiatan sehari-hari.

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan dengan panjang kurang lebih 60 meter yang menghubungkan Kota Tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya ini merupakan jembatan ikonik yang namanya diambil dari cerita rakyat terkenal berjudul Siti Nurbaya. Membentang gagah sejauh 260 meter, jembatan ini menawarkan panorama yang luar biasa indah ketika senja mulai datang.

Pulau Sikuai

Pulau Sikuai, salah satu pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera hanya terletak sekitar 1,6 kilometer dari kota Padang dan dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus, dengan waktu tempuh 35 menit, berangkat dari Dermaga Airud Bungus.

Danau Maninjau

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk mengunjungi danau ini, Anda harus menempuh sekitar 140 kilometer dari Padang, 27 kilometer dari Lubuk Basung atau 36 kilometer dari Bukittinggi.

Paralayang di atas Danau Maninjau

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya