Tetap Aman saat Snorkeling dan Menyelam

Snorkeling di Pantai Nglambor
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ochi April

VIVA.co.id –  Olahraga snorkeling dan menyelam di laut semakin diminati para wisatawan dalam beberapa tahun terakhir. Namun sebelum menjajal alam bawah laut, ada baiknya melakukan persiapan dengan matang.

5 Hal Wajib Dipersiapkan Saat Wisata di Kawasan Rawan Bencana

Sebab, bukan tak mungkin nyawa Anda menjadi taruhannya. Ada beberapa ancaman saat snorkeling dan menyelam, termasuk salah satunya dari binatang laut, yakni ubur-ubur. Sengatan dari makhluk hidup ini mampu memicu serangan jantung.

"Bawah laut dikelilingi oleh elemen yang tidak bersahabat," kata Tim Ecott, ahli menyelam Travel Telegraph.

Trik Agar Koper Muncul Pertama di Pengambilan Bagasi Bandara

Selain itu faktor lain yang juga membahayakan adalah penyelam kerap bergegas naik ke permukaan. Padahal hal tersebut berisiko menyebabkan kerusakan paru-paru, kelumpuhan, bahkan kerusakan otak.

Menurut Brian Cummings, dari The British Sub Aquatic Club (BSAC), kebanyakan insiden saat snorkeling dan menyelam terjadi karena persiapan serta perencanaan yang buruk.

Pertama Kali Wisata ke Hong Kong? Ini 4 Hal yang Wajib Anda Tahu

Misalnya, banyak penyelam yang abai memeriksa peralatan menyelam karena dianggap dalam kondisi baik. "Mereka juga beranggapan bahwa tubuh dalam kondisi yang baik, tanpa melakukan pemanasan dan latihan terlebih dahulu,” ucapnya.

Sebelum menyelam, pastikan juga Anda mengikuti kursus dan mengantongi sertifikat menyelam. Pada kursus itu, Anda akan diajari dasar-dasar keselamatan sehingga bisa meminimalisasi risiko kecelakaan.

ilustrasi menyelam.

Tips Belajar Menyelam untuk Kaum Wanita

Kuncinya di peralatan.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2019