Delapan Tips Bepergian Praktis di Musim Liburan

Ilustrasi liburan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sedang merencanakan liburan akhir tahun, atau memiliki rencana berlibur dalam waktu dekat? Ke manapun tujuannya, bayangkan bahwa tidak hanya Anda yang akan menghabiskan waktu untuk berlibur di sana.

Pulang Liburan dari Bali? Oleh-oleh Murah Meriah Ini Wajib Dibawa Pulang

Terlebih di musim liburan seperti sekarang ini, macet, atau masalah lainnya bisa membuat rencana liburan berantakan, bahkan merusak suasana hati. Karena itu, sebaiknya ketahui tips bepergian di musim liburan, seperti dilansir dari Travel Channel.

Lakukan penelitian kecil-kecilan

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

Buat rencana perjalanan alternatif jika jalanan pulang terlalu padat. Adakah jalan dengan pemandangan indah yang mungkin membutuhkan waktu tempuh lebih lama tapi tidak macet? Atau berhentilah sejenak saat menemukan tempat menarik, agar tidak bosan di perjalanan.

Kemudian ketika Anda bepergian menggunakan pesawat terbang, pastikan mengetahui batasan barang bawaan agar terhindar dari biaya tambahan.

Liburan Akhir Tahun, Acara Menarik di Pusat Belanja Indonesia

Tetap terhubung

Pastikan memiliki aplikasi perjalanan sebelum meninggalkan rumah. Mulai dari Flight Status yang merupakan aplikasi untuk membantu memberi tahu penundaan terbang, nomor bagasi dan lainnya. Ada pula GateGuru, dan Gasbuddy

Bungkus ringan

Selalu ada masalah yang dihadapi saat harus berhadapan dengan bagasi. Mulai dari lama menunggu di conveyor belt bandara, atau bahkan kehilangan barang. Karena itu, jika memang sangat perlu menggunakan bagasi, pastikan Anda menyimpan benda berharga ke dalam tas yang bisa dibawa ke dalam kabin.

Penutup mata dan telinga

Pasti akan ada bayi menangis dan anak kecil bersenda gurau saat naik transportasi umum. Namun, Anda tidak mungkin marah pada mereka bukan? Sebaiknya sediakan penutup mata atau telinga agar tidak merasa terganggu dan perjalanan tetap terasa nyaman.

Jangan cepat lapar dan marah

Saat perut lapar, sangat wajar jika orang jadi sulit untuk berpikir lurus. Terkadang mereka bisa tiba-tiba emosi, marah, bahkan bertengkar. Untuk itu selalu bawa makanan ringan dan minuman, jadi perut tetap terisi dan tidak perlu khawatir tidak menemukan tempat makan.

Bepergian saat bukan musim libur

Musim liburan selalu dimanfaatkan orang untuk menghabiskan waktu mengunjungi suatu tempat. Berpikirlah terbalik, pilihlah hari libur di saat semua orang sudah kembali bekerja.

Selain mendapat harga lebih murah, antrean panjang juga bisa dihindari.

Pilih penerbangan paling pagi atau paling malam

Statistik penerbangan menunjukkan bahwa bepergian dengan pesawat yang lebih awal akan membuat hari lebih baik. Dan jika penerbangan dibatalkan, masih ada banyak kesempatan memilih penerbangan berikutnya.

Buat rencana tak terduga

Jika Anda hanya punya jeda waktu setengah jam sebelum penerbangan lainnya, sebaiknya pikir kembali. Beri jarak waktu yang sedikit lebih lama antar satu penerbangan dengan penerbangan lainnya.

Ilustrasi koper.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya