Maskapai Jepang Izinkan Penumpang Bawa Anjing di Kabin

Ilustrasi bandara
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah maskapai penerbangan di Jepang telah meluncurkan layanan penerbangan khusus yang memungkinkan penumpang untuk terbang dengan anjing di kabin utama.

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

Japan Airlines dengan layanan carter berangkat hari Jumat dari bandara Narita dekat Tokyo dan terbang di dalam negeri ke Kagoshima Prefecture, barat daya Jepang.

Dengan 150.000 yen, paket tur ini juga memperbolehkan pemilik dan anjingnya untuk tinggal bersama di sebuah hotel dan pergi jalan-jalan dengan mobil sewaan.

Arus Balik Pemudik, 80 Ribu Penumpang Tiba di Bandara Soetta

Penerbangan 860 mil ini berlangsung sekitar dua jam. Toshihiko Kai, seorang karyawan perusahaan berusia 41 tahun yang bepergian dengan anjing berjenis dachshund berusia empat tahun, mengomentari pengalamannya.

"Itu menyakitkan bagi saya untuk check in (anjing saya) sebagai bagasi di counter bandara dan selalu menyalak," kata Kai. Seorang pejabat maskapai menambahkan, wisata air dengan hewan peliharaan, akan mengarahkan pada pembukaan pasar baru untuk penerbangan domestik.

Angkasa Pura Indonesia Layani 4,1 Juta Penumpang di Mudik Lebaran 2024

Ketika perusahaan mengumumkan layanan yang ramah untuk anjing pada bulan Desember, langsung penuh dalam sejam dengan 60 orang dan 30 anjing, kata perusahaan.

Menurut Asosiasi Hewan Peliharaan Jepang, 18 persen dari rumah tangga Jepang memiliki hewan peliharaan pada hitungan terakhir di tahun 2009. Ini setara dengan 12,3 juta anjing, lebih dari jumlah anak-anak di seluruh negeri.

Ini bukan pertama kalinya pemilik memiliki kesempatan untuk terbang dengan anjing mereka di Jepang. Mei lalu, All Nippon Airways (ANA) melakukan uji coba tur piagam yang membawa 87 penumpang ke Hokkaido Prefecture dengan 44 hewan peliharaan.

Dilansir laman Daily Mail, paket dasar ANA dikenakan biaya sebesar 220.000 yen untuk dua orang dewasa dan anjing, permintaan tersebut begitu besar sampai terjual habis dalam dua hari. 

Selama penerbangan, anjing-anjing itu disimpan di kandang yang melekat pada jendela kursi, menurut Japan Times, dan dokter hewan juga diikutkan dalam tur tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya