Pulau Sekecil Ini Ditinggali 1.200 Orang

Santa Cruz del Islote, kepulauan San Bernardo di lepas pantai Kolombia.
Sumber :
  • Hotel Punta Faro

VIVA.co.id – Santa Cruz del Islote adalah sebuah pulau karang kecil, dan salah satu yang terkecil di Kepulauan San Bernardo di lepas pantai Kolombia. Luas pulau ini hanya satu hektare, namun menampung 1.200 orang. Kepadatan penduduk empat kali dari Manhattan.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Tapi, Santa Cruz del Islote bukan Manhattan. Tidak ada air yang mengalir dan sistem pengolahan limbah. Listrik aktif hanya lima jam dalam sehari dari generator, dan air segar didapat dari angkatan laut Kolombia tiga pekan sekali. Jadi, mengapa orang tinggal di sana?

Legenda mengatakan bahwa sekitar 150 tahun yang lalu, sekelompok nelayan dari kota pesisir baru, sekitar 50 kilometer jauhnya, sedang mencari perairan baru untuk ikan ketika mereka tersandung pada pulau karang kecil ini, sambil duduk rendah di perairan.

Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

Dilansir laman Amusing Planet, terlambat kembali, para nelayan memutuskan untuk mendirikan kamp di pulau guna bermalam. Cerita berlanjut bahwa orang-orang tidur begitu damai dan memutuskan untuk tinggal. 

Hari ini, pulau ini memiliki 90 rumah, dua toko, satu restoran, diskotek, dan sekolah, dikemas dalam area seukuran satu setengah lapangan sepak bola. Sebagian besar penduduk pulau bekerja sebagai nelayan atau staf yang bekerja di hotel atau resort.

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI
Pisces

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Ada beberapa tanda zodiak yang dikenal karena sifat-sifat sederhana dan kerendahan hati yang membuat mereka menonjol di antara yang lain. Salah satunya yaitu Virgo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024