Cara Mudah Menyembuhkan Rasa Takut Terbang

Ilustrasi kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Terbang merupakan salah satu cara cepat dan paling aman untuk bepergian. Namun, bagi pemilik fobia terbang, hal ini tak berlaku. Rasa takut ketika terbang menggunakan pesawat membuat mereka memilih transportasi lain, seperti kereta, kapal laut, hingga bus.

10 Selebriti Dengan Fobia Teraneh, Paling Konyol Takut dengan Toilet

Hanya saja, tak semua destinasi dapat dicapai dengan mudah. Ada beberapa lokasi yang mau tak mau hanya bisa dicapai dengan menggunakan pesawat atau helikopter. Jika Anda termasuk salah satu yang memiliki fobia terbang, Ada baiknya menyimak penuturan praktisi Harley Street, Christopher Paul Jones yang berbagi tujuh rahasia bagaimana menyembuhkan rasa takut terbang.

Berikut diantaranya seperti dilansir laman Daily Mail.

10 Jenis Fobia Seks yang Bikin Insecure Pasangan, Ada yang Takut Alat Kelamin

Cari penyebab ketakutan

Kebanyakan fobia terbang memiliki titik pemicu. Jones menjelaskan bahwa ketika mengalami turbulensi saat berada di pesawat, biasanya Anda langsung berpikir sesuatu yang bahaya akan terjadi.

BCL Bakal Atraksi di Ketinggian saat Konser, Padahal Punya Fobia

"Sangat sering orang tidak menyadari pemicu, tapi mereka masih dipengaruhi oleh keyakinan dan pilihan," kata Jones.

Oleh karena hal pertama yang paling penting adalah mencari penyebab fobia itu sendiri. Apakah ada pengalaman dari masa lalu yang menyebabkan Anda fobia terbang.

Membuat respons stimulus baru

Jones menyarankan untuk menciptakan pemikiran baru ketika rasa takut akan terbang muncul. Kuncinya, kata dia, adalah tenang dan membayangkan saat santai seperti duduk di pantai, atau berada di sekitar orang yang Anda cintai.

"Terus ulangi ini sebanyak yang Anda mau," kata Jones.

Kendalikan emosi

Ingat, fobia bukan seperti penyakit flu, kata Jones, tapi sesuatu yang harus Anda lawan, sampai ke titik di mana Anda sadar.

Jika Anda mengubah pemikiran, perasaan, dan pandangan, Anda akan merasa berbeda. Jika Anda ingin mengubah satu hal, Anda harus merasa lebih baik. Praktikkan tips ini dan lihat bagaimana hasilnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya