Semakin Banyak Turis Indonesia ke Jepang Tanpa Travel Agent

Jepang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan wisatawan ke Jepang tertinggi sedunia pada tahun 2016. Japan National Tourism Organization (JNTO) mencatat, pada tahun lalu sebanyak 271 ribu wisatawan Indonesia mengunjungi Jepang, atau tumbuh sebesar 32 persen.

Kenapa Tiket ke Jepang Lebih Mahal Belakangan Ini?

Kristiana Susanti Manager dari JNTO mengatakan bahwa dari pertumbuhan tahun lalu, mayoritas kategori wisatawan yang mengunjungi Jepang ialah, Free Independent Traveler (FIT), atau wisatawan yang bepergian tanpa menggunakan travel agent.

"Target kita semua orang, tapi kita melihat pasar akhirnya bukan backpacker, tapi free independent traveler, jadi yang tidak pakai travel agent. Saya juga surprise karena kedatangan orang-orang ke kantor kami meningkat pesat," kata Kristiana saat ditemui usia konferensi pers Japan Travel Fair 2017, Kamis 2 Maret 2017.

Jerome Polin Bagikan Tips Traveling Anti-Mainstream ke Jepang Tanpa Khawatir Dompet Kering

Kristiana menilai, bahwa dengan meningkatnya FIT, semakin banyak masyarakat yang mulai berani dan percaya untuk berwisata ke Jepang tanpa travel agent.

Dia juga menjelaskan bahwa FIT sendiri bukan berarti mereka yang hanya bepergian sendiri atau dua dan tiga orang. Menurutnya, mereka yang pergi hingga 15 orang namun tidak menggunakan travel agent juga bisa dikategorikan sebagai FIT.

6 Tips Liburan ke Jepang Anti Boncos Pasca Pandemi COVID-19

Menurutnya, meningkatnya FIT ini karena banyak kemudahan dan keterbukaan akses untuk mendapatkan informasi. Sehingga para wisatawan, meski tanpa travel agent bisa berkeliling sendiri.

"Mungkin karena kemudahan-kemudahan seperti shinkansen dan pilihan SIM card juga, dan atm juga ada bahasa Indonesia, jadi mereka berani," ungkap dia.

Ilustrasi liburan private tour ke Jepang

Private Tour Anti Ribet, Pilihan Ideal Trip Ke Jepang

Di private tour ini, konsumen bisa request untuk menyusun jadwal, destinasi, dan aktivitas sesuai dengan keinginan.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2024