Bukan Bali, Ternyata Wisatawan Betah di Provinsi Ini

Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pemerintah kompromi menyerahkan pengelolaan dan penamaan ribuan pulau kecil yang belum bernama kepada asing.
Sumber :
  • tvOne/Muhammad Tahir Sarno

VIVA.co.id – Indonesia terus menjadi destinasi berlibur wisatawan asing. Ternyata, bukan Bali atau Jakarta yang berhasil membuat mereka betah! Lalu provinsi mana?

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Menurut data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), ternyata Provinsi Kalimantan Timur yang menjadi destinasi paling lama disinggahi wisatawan asing.

Rata-rata, wisman menginap di Kaltim selama 4,60 hari. Angka tersebut mengungguli tiga provinsi yang merupakan destinasi liburan yaitu Jawa Barat (3,65 hari), Jawa Timur (3,61), dan Sulawesi Selatan (3,50).

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Sementara itu, Sumatera Utara menjadi provinsi dengan rata-rata menginap wisman paling singkat yaitu hanya 1,24 hari.

Secara keseluruhan, kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Januari 2017 naik 26,58 persen dibandingkan Januari 2016. Awal tahun ini, total wisman yang datang ke Indonesia mencapai 1,03 juta orang.

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus

China menjadi negara penyumbang wisman terbanyak dengan 20,27 persen. Diikuti oleh Singapura (11,82 persen), Australia (10,21 persen), Malaysia (9,86 persen), dan India (3,91 persen).

Lihat perkembangan pariwisata Indonesia pada 2017 di video VIVAgrafis ini. Bandara mana paling sibuk? Provinsi mana yang paling diserbu?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya