6 Fakta yang Jarang Diketahui tentang Pramugari

Ilustrasi pramugari.
Sumber :
  • REUTERS/Pascal Rossignol

VIVA.co.id – Ada banyak pekerjaan yang dilakukan oleh pramugari, dari cara berdandan, sampai membantu penumpang ketika berada di kabin. Namun, ada hal yang tidak diketahui orang di balik seragam yang dikenakannya.

Profil Siwi Widi, Eks Pramugari Garuda Diduga Terima Suap Rp647 Juta

Berikut beberapa fakta yang tidak diketahui tentang pramugari, seperti dilansir laman Telegraph.

Bisa bertahan hidup

Jejak Siwi Widi Terima Rp647 Juta di Kasus Eks Pegawai Pajak

Pelatihan bertahan hidup adalah salah satu dari banyak keterampilan yang dimiliki. Pramugari tahu cara membuat tempat penampungan, mengumpulkan makanan, mencari air minum yang aman, dan mencari bantuan di kutub utara, hutan, hutan hujan, dan gurun pasir.  

Tidak minum alkohol di malam sebelum terbang

Ingin Layanan Istimewa dari Pramugari? Lakukan Hal Sederhana Ini

Tidak ada pengecualian untuk aturan ini. Semua awak kabin harus dites alkohol dan obat-obatan sebelum melakukan penerbangan. Hal ini berarti pramugari bebas minuman alkohol setidaknya 12 jam sebelum lepas landas.

Tidak diizinkan menambah berat badan

Ketika Anda diberikan seragam pramugari, itu saja ukuran yang dimiliki. Anda tidak dapat mengubah ukuran yang lebih besar. Maskapai akan memberikan waktu satu bulan untuk menurunkan berat badan, jika tidak turun berat badannya, Anda akan dimasukkan pada program manajemen berat badan.

Dapat membantu persalinan bayi di udara

Pramugari dilatih cara aman membantu penumpang untuk melahirkan ketika terbang, sampai layanan darurat mengambil alih di darat.

Pertanyaan sebelum terbang

Pramugari sebelum terbang melakukan briefing dengan awak kabin senior. Jika ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab mengenai darurat dan medis, berarti kemungkinan pramugari tersebut tidak boleh terbang.

Standar merias diri

Bertanya-tanya mengapa awak kabin selalu terlihat rapi? Itu karena pramugari memiliki standar disiplin dalam merias diri. Pakaian harus standar dari perusahaan, lipstik harus mempunyai warna tertentu, dan berbagai standar lainnya. Perilaku kecantikan terbaik adalah suatu keharusan dalam setiap maskapai. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya