Mengunjungi Koala di Lone Pine Koala Sanctuary

Koala di pohon
Sumber :
  • Rochimawati / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Siapa tidak kenal koala, bintang menggemaskan yang ada di Benua Australia. Kesempatan untuk melihat koala, didapatkan saat VIVA.co.id berkunjung ke Brisbane, Quensland, Australia, atas undangan dari maskapai penerbangan Malindo Air yang memulai rute perdananya dari Denpasar Bali ke Brisbane.

Kebakaran Hutan dan Virus Corona Ancam Industri Wisata Australia

Untuk melihat koala, VIVA.co.id diajak mengunjungi Lone Pine Koala Sanctuary, atau tempat penangkaran Koala. Cagar alam seluas 18 hektare di wilayah suburban Pig Tree Pocket ini adalah yang tertua di dunia untuk koala yang didirikan pada 1927. Selain koala, di tempat ini juga ada Kanguru, burung Beo, Kasuari dan sejumlah satwa liar lainnya.

Berada di pinggiran kota Brisbane, perjalanan ke lokasi penangkaran koala sekitar 30 menit dari tempat penginapan kami di pusat kota. Begitu memasuki tempat ini, suasana teduh sangat terasa, karena di kawasan ini banyak berdiri pohon tinggi.

Mantai di Cable Beach Australia, Bisa Lihat Fenomena Tangga ke Bulan

Lone Pine Koala Sanctuary, Brisbane, Quensland, Australia

Lone Pine Koala Sanctuary buka setiap hari pukul 09.00 hingga 17.00 waktu setempat. Adapun harga tiket AUD36 untuk dewasa dan AUD22 untuk anak usia 3-13 tahun. Mau yang lebih murah, Anda bisa memanfaatkan tiket keluarga yang terdiri dua dewasa dan tiga anak dikenai tarif AUD85, sedangkan keluarga mini yang terdiri dari satu dewasa dan tiga anak cukup membayar AUD60.

4 Tips Belanja Puas dan Enggak Ketipu Saat Liburan ke Australia

Setelah mendapatkan tiket, Anda sudah bisa memasuki kawasan penangkaran tersebut. Ucapan selamat datang dari berbagai bahasa di dunia menyambut begitu memasuki kawasan. Tidak ketinggalan, papan petunjuk mengenai lokasi hewan yang akan dilihat ada di pintu masuk.

Bagi Anda yang ingin memeluk koala juga bisa loh. Bahkan, ini menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung Lone Pine Koala Sanctuary. Namun, karena binatang manja ini mudah stres jadi Anda tidak bisa berlama-lama memeluknya. Sayangnya, saat itu tidak mendapat kesempatan untuk memeluk binatang yang menggemaskan ini, karena panjangnya antrean.

Selain itu, jam berfoto bersama koala juga dibatasi hanya 30 menit, karena koala akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan dan tidur. Dan, aktivitas koala hampir semuanya dilakukan di atas pohon.

Jadi, kenapa koala terlihat nampak begitu malas, karena binatang ini hanya memakan daun eucalyptus. Koala sangat menyukai daun yang masih muda, karena mudah dikunyah dan paling banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan koala. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya