Kini Tersedia Rute Penerbangan untuk Wisata ke Papua Barat

Papua Barat/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

VIVA.co.id – Satu lagi akses ke destinasi Pariwisata Indonesia terbuka. Kini maskapai pelat merah Garuda Indonesia membuka rute penerbangan menuju Kabupaten Kaimana, Papua Barat untuk membantu pengembangan sektor pariwisata di daerah tersebut.

Taman Nasional Lorentz, Surga Tersembunyi di Tanah Papua

General Manager Garuda Indonesia Kantor Cabang Manokwari Sapto Hariadi dalam siaran pers nya mengatakan, rute baru ini akan melayani penerbangan Ambon-Kaimana-Manokwari dan Ambon-Kaimana-Nabire.

"Pesawat yang melayani rute penerbangan ini jenis ATR-600 dengan kapasitas penumpang 70 orang," kata Sapto dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id.

Terpikat Cantiknya Pantai Pasir Putih di Manokwari, Papua Barat

Terkait program pariwisata dilakukan sesuai spot-spot atau titik pariwisata. Sehingga koordinasi pun dilakukan dengan instansi terkait yang mengelola program pariwisata.

"Di Papua Barat bandara cukup banyak, tapi belum tentu seluruhnya layak untuk pesawat landing. Untuk Kaimana sudah sangat layak karena potensi pariwisatanya,” ujarnya.

Cerita CEO Ekspat Traveling ke Pedalaman Indonesia

Kabupaten Kaimana memiliki potensi pariwisata cukup menakjubkan. Selain wisata alam dan bahari, daerah yang dikenal dengan Senja Kaimana ini pun memiliki beberapa obyek pariwisata lain seperti lukisan cadas purbakala dan air terjun di Teluk Triton.

Sebagaimana daerah lain seperti, Raja Ampat, Pegunungan Arfak dan Teluk Wondama, pemerintah Kaimana pun cukup serius untuk mengembangkan sektor pariwisata.

Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa menambahkan, pihaknya terus menggenjot pembangunan infrastruktur perhubungan seperti jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara untuk mendukup program pariwisata. Pihaknya sadar, pariwisata bisa menjadi penggerak pertumbuhan sektor lain.

"Kami juga menyiapkan harga tiket yang bervariatif yakni Ambon - Kaimana mulai Rp1 juta, Ambon - Nabire Rp 1,4 juta dan Ambon - Manokwari Rp2 juta.” (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya