Lima Destinasi Bagi Para Solo Traveler yang Sibuk

Jelajah Keindahan Pulau Karimunjawa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

VIVA.co.id – Bagi Anda yang tinggal di Jakarta libur weekend panjang menjadi sebuah kesempatan untuk melepas dari rutinas keseharian yang padat. Jika Anda ingin berlibur sendiri dengan bujet minim, jangan khawatir banyak destinasi yang murah bagi Anda para solo traveler.

6 Tips Solo Traveling untuk Perempuan yang Mau Healing

Anda bisa berpetualang sendiri menghabiskan hari-hari liburan dengan memanjakan diri melakukan aktivitas baru dan menyenangkan di destinasi wisata. Anda juga bisa memilih ikut dalam open trip atau trip gabungan yang ditawarkan agen tur wisata.

Berikut lima rekomendasi tempat bagi Anda para solo traveler, berdasarkan rekomendasi VIVA.co.id,

Manfaat Solo Traveling untuk Wanita

1. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Kepulauan Seribu adalah alternatif terdekat bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk liburan singkat. Banyak agen travel memberikan paket open trip ke Kepulauan Seribu.

Tips Liburan Murah Saat Lebaran Ala Travel Blogger

Anda bisa melakukan perjalanan satu hari atau beberapa hari ke pulau-pulau bersejarah, seperti Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Onrust. Atau menikmati keindahan Pantai Pramuka, Pulau Tidung, dan Pulau Pari.

2. Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

Taman Nasional Karimunjawa terkenal dengan keindahan pulau, terumbu karang dan pantai-pantainya. Kepulauan Karimunjawa memiliki 27 pulau, tapi hanya lima pulau yang berpenduduk.

Di sini Anda bisa mengikuti tur mengunjungi pulau-pulau tak berpenghuni untuk menghabiskan waktu berenang di pantai, snorkling, atau menyelam menikmati keindahan alam bawah laut dan batu karang di Laut Jawa. Warga setempat banyak menawarkan paket tur berkeliling mengunjungi berbagai pulau di Karimunjawa, seperti Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil, Pulau Gosong, dan Pulau Menjangan Besar.   

3. Bogor, Jawa Barat

Kota Bogor bisa menjadi pelarian dari kesibukan Jakarta untuk menikmati udara sejuk dan alam yang asri. Bogor menawarkan banyak tempat wisata, seperti Kebun Raya Bogor, Bogor Botanical Garden, dan Kebun Raya Cibodas.

Anda juga bisa mengunjungi beberapa air terjun yang berada di sana, seperti Curug Cibaliung, Curug Cigamea, Curug Bidadari, dan masih banyak lagi. Selain itu Anda juga bisa menikmati beragam kuliner khas Bogor, seperti Asinan Bogor, Bapatong, Cungkring, Soto Mie, Sate Sumsum, dan Baso Seuseupan.  

4. Bandung, Jawa Barat

Ada banyak pilihan tempat liburan di Bandung, mulai dari wisata alam, kuliner, hingga wisata belanja. Anda bisa menikmati wisata alam ke Dago Pakar, Tebing Keraton, Bukit Moko dan sejumlah air terjun yang berada di sana.

Bila Anda ingin wisata belanja, maka Bandung adalah surga Belanja. Anda bisa mencari produk-produk fesyen Bandung yang murah meriah.

Anda juga bisa menikmati gedung-gedung bersejarah dan bangunan kuno di Bandung. Sekaligus menikmati restoran dan hiburan malam di sana.      

5. Cirebon, Jawa Barat

Cirebon adalah kota wisata bersejarah sekaligus spiritual. Cirebon merupakan rumah bagi Sultan Kesepuhan dan Keraton Kanoman.

Di Cirebon memiliki banyak tempat-tempat bersejarah, seperti Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kesepuhan, yang dibangun pada abad ke-15, dan Taman Sari Gua Sunyarangi, istana air yang dibangun pada abad ke-18. Selain itu Cirebon juga terkenal dengan kerajinan batiknya.

Anda bisa menemukan aneka motif batik Cirebon dengan harga murah dan berkualitas. Cirebon juga memiliki banyak tempat wisata alam, seperti Wanawisata Ciwaringin, danau Setu Patok, dan Siwalk yang merupakan tempat outbound seru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya