Tiga Wisata Pantai di Malang yang Wajib Dikunjungi

Pantai Balekambang, Kabupaten Malang
Sumber :
  • Antara/ Sahlan Kurniawan

VIVA.co.id – Apakah ingin menjadikan Malang sebagai salah satu tempat berlibur? Tentunya tidak bakal mengecewakan, karena Malang ternyata memiliki banyak wisata pantai yang indah dan mempesona.

Keindahan Tak Biasa di Pantai Sumenggung Malang

Sebagai kawasan yang masuk dalam garis pantai laut selatan, sejumlah pantai di Malang memiliki pasir dan ombak yang cukup besar. Ombak yang cocok untuk bermain air dan pasir yang putih, sangat nyaman untuk dinikmati bahkan untuk berfoto-foto.

Bahkan, ada banyak hal-hal unik dan spot menarik yang ditawarkan oleh masing-masing pantai di sana. Perjalanan menuju pantai pun terbilang mudah, bisa dengan mengendarai sepeda motor hingga mobil.

Plesiran ke Pantai Banyu Meneng Yuk!

Berikut ke tiga pantai di Kabupaten Malang berdasarkan ulasan VIVA.co.id,

1. Pantai Balekambang

Jasad Wisatawan Pantai Baron Yogyakarta Ditemukan di Malang

Pantai Balekambang merupakan sebuah pantai yang terletak di pesisir selatan, tepi Samudera Indonesia, Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai tersebut merupakan salah satu pantai andalan untuk Kabupaten Malang sejak 1985 hingga kini, yang selalu menjadi favorit dan ramai dikunjungi para pelancong setiap tahunnya.

Pantai ini biasa ditempuh dengan perjalanan kira-kira dua jam dari pusat kota Malang. Secara keseluruhan, ada tiga pulau berjajar yang sangat memukau dan menjadikan pantai Balekambang terfavorit.

Masing-masing pulau itu yakni pulau Ismoyo, pulau Wisanggeni, dan pulau Anoman. Di pulau Ismoyo terdapat pura dan nama pura tersebut adalah Pura Amerta Jati, untuk menuju pura juga ada jembatan sepanjang 100 meter dari bibir pantai, dan Anda harus mematuhi peraturan yang berlaku di Pura Amerta Jati untuk menghormati tempat ini.

Banyak sekali aktivitas yang bisa kita nikmati di pantai Balekambang, pantai ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran Anda dalam kesibukan sehari-hari dengan pemandangan yang sangat indah di pantai Balekambang. Cukup bayar tiket masuk sebesar Rp15 ribu, Anda bisa menikmati pantai Balekambang yang sangat mempesona dan indah. Selain itu, di area pantai Balekambang ini juga sering dijadikan tempat perkemahan dan kegiatan pecinta alam lainnya.

2. Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu

Pantai Sendang Biru adalah Wisata Pantai Populer di Malang, Jawa Timur. Pantai ini merupakan pantai pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia.

Pantai Sendang Biru terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Seperti diketahui juga, pantai ini juga merupakan akses menuju ke Pulau Sempu dan Segara Anakan.

Meski letaknya di pesisir selatan Pulau Jawa yang terkenal memiliki pantai berombak besar, namun Pantai Sendang Biru ini memiliki ombak yang tenang. Air lautnya pun berwarna biru dipadukan dengan pasir putih yang bersih.

Ditambah lagi deretan perbukitan hijau yang mengelilingi pantai turut menambah keasrian pemandangan di Pantai Sendang Biru ini. Saat duduk-duduk di pinggiran pantainya, Anda juga dapat melihat Pulau Sempu dari kejauhan.

Di pinggiran pantai ini banyak terdapat Perahu atau Kapal nelayan yang bersandar. Kapal-kapal tersebut tak hanya digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan saja, namun juga ada yang disewakan untuk wisatawan. Anda bisa menyewa untuk berkeliling pantai atau melihat langsung pemandangan bawah laut dari tengah-tengah pantai.

Pulau Sempu menjadi kebanyakan tujuan para pelancong untuk berlibur. Khususnya, bagi mereka yang ingin menikmati nuansa alam dan ketenangannya. Untuk sampai di pulau tersebut, Anda harus menyewa perahu dan wajib menggunakan pemandu.

Namun, sebelum Anda memasuki kawasan Pulau Sempu, diharuskan melakukan izin terlebih dahulu di Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu, yang berlokasi tak jauh dari tempat penitipan kendaraan di Pantai Sendang Biru.

Setibanya di pulau tersebut, Anda perlu berjalan menelusuri hutan konservasi. Barulah, Anda bisa membayar semua perjalanan itu dengan keindahan yang disuguhkan di Pulau Sempu.

3. Pantai Tiga Warna

Pantai tiga warna terletak di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 70 kilometer atau sekitar tiga jam perjalanan dari alun-alun kota Malang.

Sesuai namanya, pantai ini memiliki tiga warna yang disebabkan karena perbedaan kedalaman air lautnya. Berada di wilayah rehabilitasi dan konservasi mangrove atau di daerah Konservasi Sendang Biru, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pantai ini seolah-olah menawarkan keindahan alami pantai, dan terumbu karang yang bisa digunakan untuk snorkling.

Namun perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin menjajal pantai tersebut. Dikarenakan lokasi yang berada di wilayah konservasi atau hutan lindung, maka untuk menikmatinya Anda harus memesannya terlebih dahulu.

Bertujuan untuk melindungi kealamian wilayah tersebut, maka diberlakukan pembatasan pengunjung setiap harinya. Jadi, sudah dipastikan, panti tiga warna ini merupakan pantai yang sangat bersih, alami, dan terbebas dari sampah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya