Tips Bersihkan Perlengkapan Mendaki

Peralatan mendaki
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Berwisata mendaki gunung dan menikmati alam liar memberikan pengalaman menantang sekaligus menakjubkan. Terlebih saat Anda bisa mencapai puncak pendakian memberikan kepuasan dan kenikmatan tersendiri.

5 Hal Wajib Dipersiapkan Saat Wisata di Kawasan Rawan Bencana

Namun, saat mendaki pasti Anda sangat memerlukan beragam perlengkapan mendaki gunung. Mulai dari pakaian khusus, sepatu atau sendal, tas, jaket, sleeping bag, hingga tenda untuk Anda beristirahat.

Tapi, setelah Anda selesai melakukan pendakian itu, mungkin banyak hal-hal tak terduga yang menyebabkan segala peralatan Anda menjadi kotor. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir untuk mengembalikan kebersihan peralatan itu seperti semula.

Trik Agar Koper Muncul Pertama di Pengambilan Bagasi Bandara

Salah seorang penggiat wisata alam atau dikenal dengan pendaki gunung dari Kelana Outdoor di Indofest 2017, Hendra menjelaskan, ada beberapa tips yang mudah untuk dilakukan dalam membersihkan kembali peralatan-peralatan sehabis aktivitas luar ruang atau outdoor.

Beberapa tip ini akan mudah Anda lakukan dengan sendirinya, tanpa harus melibatkan orang lain atau jasa untuk membersihkannya.

Pertama Kali Wisata ke Hong Kong? Ini 4 Hal yang Wajib Anda Tahu

Di mulai dari tips membersihkan sepatu, Hendra mengatakan, cukup dengan mencuci di rumah dengan menggunakan sikat halus dan cairan khusus.

Adapun untuk mendapatkan cairan itu, Anda bisa membelinya di setiap toko-toko laundry sepatu terdekat. Cara seperti ini juga bisa Anda lakukan untuk membersihkan tas.

"Sama kaya sepatu sih (membersihkan tas). Tapi untuk carrier hanya bagian kotornya saja yang dibersihin enggak usah semuanya," kata Hendra kepada VIVA.co.id di Indofest 2017, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat 12 Mei 2017.

Kemudian, untuk jaket, celana, dan tenda, Anda juga cukup mencucinya dengan air dan deterjen. Namun, untuk menghindari kepudaran dan kerusakan yang terlalu cepat, disarankan agar memakai sampo bayi saat mencucinya.

"Tapi untuk jaket, celana, dan tenda ini akan ada dua bahan berbeda. Namun, kebanyakan untuk yang waterproof enggak ribet sih.

Cukup diangin-anginin saja untuk tenda, dan dicuci seperti biasa untuk celana dan jaket," ujarnya.

Sedangkan untuk peralatan masak, ia mengungkapkan, cukup dibersihkan secara standar. Yakni, dengan menggunakan air dan sabun pencuci secukupnya. "Alat-alat masak, standar saja perawatannya," kata Hendra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya