Pilihan Bermalam di Hotel Ramah Lingkungan

Hotel ramah lingkungan
Sumber :
  • Agoda

VIVA.co.id – Minat wisatawan untuk berkunjung dan bermalam di hotel bernuansa hijau dan ramah lingkungan semakin meningkat. Salah satu situs yang penyedia jasa akomodasi menemukan, bahwa 58 persen tamu hotel lebih menyukai penginapan yang ramah lingkungan.

Jangan Panik! Ini Cara Menghindari Kutu Busuk saat Menginap di Hotel

Begitupun dengan penyedia hotel dan penginapan di Indoensia dan Asia, banyak dari tempat penginapan itu yang juga menawarkan fasilitas ramah lingkungan. Mulai dari pengolahan limbah, hingga menyajikan makanan organik. 

Nah, bagi wisatawan yang berminat untuk mengunjungi hotel bernuansa ramah lingkungan, berikut sejumlah referensi yang bisa dipertimbangkan, demikian rilis yang diterima VIVA.co.id, Selasa 4 Juli 2017 . 

Destinasi Staycation Baru yang Seru di Bekasi

Hotel Icon – Hong Kong 

Oase yang terletak di perkotaan ini didedikasikan bagi pendidikan ekowisata dan kelestarian lingkungan. Terbukti dari kerja sama yang terjalin dengan Jurusan Pariwisata Universitas Politeknik Hong Kong. Base camp Agoda ini memiliki lebih dari 8.000 tanaman yang ditanam menjulang tinggi secara vertikal mengelilingi hotel. 

Hotel yang Bersih Belum Tentu Bebas Kuman

Kemudian sistem pendingin dan pemanas yang menggunakan energi yang efisien, pencahayaan dan ventilasi natural yang alami, sistem pendaftaran hotel yang tidak membutuhkan kertas, serta program-program daur ulang sampah dan donasi makanan. Yang paling menarik, tempat ini juga menawarkan antar-jemput bandara dengan Pelayanan Limousine oleh mobil berbahan bakar listrik Tesla. P

ParkRoyal on Pickering – Singapura

Bangunan menawan ini jarang ditemui oleh wisatawan. Dengan arsitektur bergelombang yang unik dan memadukan antara unsur beton abu-abu dengan kebun bertingkat yang menyerupai sawah di Bali. Hotel ini sangat ramah lingkungan secara luar-dalam karena dilengkapi dengan program pengumpulan air hujan, panel surya, dan lampu LED yang terpasang di seluruh properti.

Para tamu juga dapat menemukan dinding hidup, koridor terbuka, dan air terjun di taman sepanjang 300 meter yang mengelilingi bangunan. Atas usaha untuk menciptakan bangunan ramah lingkungan, hotel ini memperoleh penghargaan The Green Mark Platinum Award – penghargaan tertinggi akan kesadaran ekologi pada praktik bangunan. 

Soori Bali – Bali, Indonesia

Terletak di sepanjang pesisir Uluwatu, base campers akan mendapati Soori Bali sebagai penginapan mewah nan sempurna yang jauh dari hiruk pikuk Denpasar. Base camp agoda ini dibangun dengan menggunakan material daur ulang dan dirancang untuk membaur dengan alam dan bukit di sekitarnya dengan tetap mempertahankan unsur natural dari flora dan fauna. Sebagai pioner dalam ekowisata, properti ini merupakan penginapan pertama di Indonesia yang mendapatkan level tertinggi sertifikasi; the Green Globe for Environmentally Sustainable Design! 

El Nido Pangulasian – Palawan, Filipina

Berlokasi di salah satu pantai terindah di Filipina, base camp Agoda yang mewah ini mengelola instalasi pengolahan limbahnya sendiri, memastikan bahwa tidak ada satupun limbah yang mengontaminasi laut dan memisahkan limbahnya (plastik, limbah organik, kertas) sebelum melakukan daur ulang.

Sebagai tambahan, hotel ini juga mengolah air hujan untuk digunakan pada kamar-kamar tamu dan tempat tinggal staf. Tempat ini hanya menawarkan makanan laut yang aman dan berkelanjutan, begitu juga dengan aktivitas air yang tidak membahayakan laut seperti kayaking dan snorkelling karena peralatan bermotor dapat berpotensi merusak lingkungan laut. 

Gayana Eco Resort – Gaya Island, Malaysia

Terletak pada pantai lepas Kota Kinabalu, tempat ini tersebar di sepanjang laut. Penginapan ini merupakan villa di atas air berlantai kaca yang memungkinkan para wisatawan untuk melihat kehidupan laut di bawahnya.

Penginapan ini juga memiliki bak mandi air panas terbuka yang terletak hanya beberapa langkah dari laut serta menawarkan pemandangan spektakuler Gunung Kinabalu. Tempat ini memiliki pusat penelitian ekologi laut yang menaungi para ahli biologi kelautan profesional yang berfokus pada rehabilitasi dan perawatan terumbu karang serta kerang raksasa yang hampir punah.

 Song Saa Private Island – Koh Rong, Kamboja

Terletak pada sebuah pulau privat yang memiliki privasi dan eksklusivitas yang maksimal, penginapan mewah ini dirancang dan dibangun untuk melestarikan terumbu karang dan kehidupan laut di sekitarnya. Base camp Agoda ini mendaur ulang semua air yang digunakan pada pulau tersebut dan juga memperkenalkan vegetasi asli di sekitar penginapan.

Lebih jauh lagi, vila-vila dan furniture yang di dalamnya dibangun dengan menggunakan kayu pelampung dan juga kayu daur ulang dari kapal-kapal tua nelayan Kamboja, menambahkan sentuhan orisinil Khmer pada dekorasi kontemporernya.  (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya