Bukan Nasi Goreng, Kuliner RI Ini Sedang Hit di Myanmar

kuliner RI di Myanmar
Sumber :
  • Zahrotustianah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ketika mantan Presiden AS Barack Obama, artis Hollywood, juga artis Korea ditanya makanan Indonesia yang paling disukai, rata-rata menjawab nasi goreng. Tapi tahukah jika di Myanmar, bukan nasi goreng makanan Indonesia yang jadi primadona?

Lebaran Bareng, Desta dan Natasha Rizky Dapat Pesan Mengharukan dari Anaknya

Tak banyak memang kuliner Indonesia yang tersedia di Myanmar. Namun Sekretaris Dua Kedutaan Besar Republik Indonesia di Myanmar, Yasfitha Febriany Murthias, mengatakan, sejak beberapa waktu ke belakang, warga Myanmar lebih mengenal makanan ini.

"Akhir-akhir ini pada tahu ayam penyet. Ada restorannya, franchise, yang punya di sini orang Indonesia. At least orang-orang mulai banyak yang tahu ayam penyet karena ada di sini," ujar wanita yang akrab disapa Bu Ita itu kepada VIVA.co.id di Kantor KBRI, Kamis, 13 Juli 2017.

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Selain ayam penyet, orang Myanmar juga akrab dengan batik. Menurut mereka, batik Indonesia bagus dan lebih colorfull. Motifnya yang beragam jadi daya tarik yang lebih kuat.

"Motifnya beragam, ada flora, fauna, dan abstrak. Mungkin di kita parang kali ya maksudnya. Jadi mereka suka," lanjut Bu Ita.

Open House di Istana, Warga Rela Antri Sejak Jam 6 Pagi Agar Ketemu Jokowi

Di sektor pariwisata, orang Myanmar lebih suka mengunjungi Borobudur, Bali, dan destinasi mainstream wisman lainnya. Indonesia Tourism Table Top pun digelar di Yangon, Myanmar dengan tujuan bisa mempertemukan para agen wisata kedua negara dan berharap ada kerja sama yang tercipta.

Menara PT Bank Central Asia TBk (BCA) MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Deretan 5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA Menempati Posisi Pertama

Bank Central Asia (BCA) baru-baru ini diberi penghargaan sebagai brand perbankan terkuat di dunia pada tahun 2024, menurut data dari Brand Finance Banking.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024