Mengenal 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Puncak Jayawijaya, Papua.
Sumber :
  • http://www.tahoogroups.url.ph/

VIVA.co.id – Seven Summits adalah sebutan bagi tujuh gunung tertinggi di dunia di tujuh benua. Dengan Gunung Everest setinggi 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl) sebagai gunung tertinggi di dunia. 

Dekat dari Jakarta, Hotel Ini Sajikan Pemandangan Khas Pegunungan

Di Indonesia juga ada konsep serupa yang disebut Seven Summits of Indonesia. Tujuh puncak tertinggi Indonesia itu berada di pulau utama Indonesia, yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua, Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Kepulauan Nusa tenggara. 

Bagi yang ingin sedikit mengenal Tujuh Puncak Tertinggi di Indonesia, berikut ini ringkasan dari rilis yang diterjemahkan VIVA.co.id, Selasa 18 Juli 2017. 

Ini 6 Pilihan Gunung Bagi yang Baru Mulai Hobi Mendaki

1. Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid 

Puncak gunung tertinggi di pulau Papua adalah Cartenzs Pyramid dengan ketinggian 4.884 mdpl. Puncak Carstenzs merupakan bagian dari Pegunungan Maoke (Barisan Sudirman) yang terdapat di provinsi Papua. Letaknya berada di kordinat 040 03' 48" LS 1370 11' 09" BT. 

Festival Pesona Tambora 2018 Hadirkan 8 Negara

Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia, dan juga masuk ke dalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia versi Reinhold Messner. 

2. Gunung Bukit Raya Kalimantan 

Puncak gunung tertinggi di Kalimantan sebenarnya adalah gunung Kinabalu, namun gunung tersebut berada di wilayah Malaysia. Sedang puncak tertinggi dalam “The Seven Summits of Indonesia” dari Kalimantan adalah Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 mdpl. Gunung tidak berapi yang merupakan bagian dari Muller Schwaner ini terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. 

3. Gunung Rinjani

Puncak tertinggi di Bali dan Nusa Tenggara adalah Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter dari permukaan laut. Gunung berapi ini berada di pulau Lombok propinsi Nusa Tenggara Barat. 

4. Gunung Binaiya

Puncak gunung tertinggi di kepulauan Maluku adalah puncak Gunung Binaiyya (Binaia) dengan ketinggian 3.027 mdpl. Gunung tidak berapi ini terletak di Pulau Seram dalam wilayah, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

5. Puncak Indrapura Gunung Kerinci 

Puncak gunung tertinggi di pulau Sumatera adalah Puncak lndrapura di Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.800 mdpl. Gunung berapi ini berada di perbatasan provinsi Sumatera Barat dan Jambi. 

6. Puncak Rantemario Gunung Latimojong   

Puncak gunung tertinggi di pulau Sulawesi dipegang oleh gunung Latimojong dengan puncak tertingginya bernama Rante Mario memiliki ketinggian 3.478 mdpl. Pegunungan Latimojong yang merupakan gunung tidak berapi ini berada di kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan 

7. Puncak Mahameru Gunung Semeru

Puncak tertinggi di pulau Jawa adalah Puncak Mahameru yang merupakan puncak dari Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl. Gunung ini berada di propinsi JawaTimur di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya