Peminat Rute KA ke Yogyakarta dan Bandung Paling Tinggi

Melihat Interior Kereta Api Wisata Imperial
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Fenomena menggunakan kereta api sebagai alat transportasi untuk berwisata tidak kalah saing dengan menggunakan pesawat. Harga yang ditawarkan cukup murah pun menjadi alasan wisatawan menggunakan kereta sebagai salah satu alternatif untuk menekan biaya budget liburan.

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

Dengan menggunakan KA, wisatawan juga dapat melihat beberapa fenomena alam yang bisa ditemukan di sepanjang perjalanan. Tren menggunakan kereta saat ini untuk menuju destinasi wisata pun cukup signifikan, baik terlihat dari demand atau permintaan yang ditunjukkan oleh wisatawan yang menggunakan beberapa kereta untuk menuju destinasi seperti Bandung. 

Corporate Deputy Director of Passanger Transport Marketing and Sales PT Kereta Api Indonesia (KAI), Mukti Jauhari, menyebut Yogyakarta dan Bandung masih menjadi rute dengan permintaan tertinggi. 

Puncak Arus Balik Libur Panjang Penumpang Kereta Api Diprediksi Besok

"Yogyakarta paling penuh, Bandung belakangan ini juga mulai penuh seiring adanya proyek double decker di tol Bandung," kata Mukti kepada VIVA.co.id, saat ditemui di Gedung Jakarta Railway Center, Rabu 26 Juli 2017. 

Menurutnya, lonjakan permintaan ke Purwokerto juga meningkat seiring adanya penambahan kereta baru ke sana. "Setelah adanya penambahan kereta baru, permintaan ke Purwokerto ke arah timur itu tinggi," kata dia.  Untuk di daerah Jawa Timur, Surabaya dan Malang menjadi rute yang paling banyak permintaannya.

Libur Panjang, KAI Tambah Perjalanan Kereta Jarak Jauh

"Malang cukup tinggi, Surabaya juga cukup tinggi tapi karena Kereta Api yang lebih banyak ke Surabaya, Surabaya demand-nya paling tinggi dibanding Malang," tutur Mukti.  Untuk rute-rute tersebut dominasi perjalanan lebih banyak dilakukan pada musim tertentu seperti libur Hari Raya, dan Tahun Baru. (one)

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama National Pooling

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

BRI terus memperluas dan mengembangkan layanan perbankan melalui sinergi dengan BUMN menggandeng KAI beserta anak usahanya kerja sama fasilitas National Pooling.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022