Traveller, Banyak Festival di Agustus

Festival Bunga Tomohon 2012 lalu
Sumber :
  • ANTARA/ Fiqman Sunandar

VIVA.co.id – Berlibur menjadi suatu kebutuhan yang hakiki bagi setiap orang di belahan dunia ini. Dengan berlibur berbagai pengalaman akan didapat. Memasuki Agustus 2017, Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Pariwisata menggelar kurang lebih 22 event pariwisata.

It's His/Her Day 2024 Playground & Lifestyle Experience Edisi ke-2 Kembali Digelar 29 November 2024

Event-event ini dimaksudkan untuk menggaet wisatawan, khususnya mancanegara untuk datang berkunjung ke Indonesia mengingat bulan Agustus ini merupakan waktu libur musim panas. Berikut ini VIVA.co.id merangkup 10 event pariwisata yang dilansir dari laman Indonesia.travel, Selasa 1 Agustus 2017. 

1. Festival Buleleng 

Ancaman Tersembunyi: Penyakit Ginjal Diprediksi Masuk 5 Besar Penyebab Kematian Global di 2045!

Festival yang digelar pada 4 hingga 8 Agustus 2017 di Buleleng Bali ini menjadi pintu gerbang menuju pesta seni dan budaya setempat yang menyenangkan yang diintegrasikan dengan pendidikan, sosial dan aspek lingkungan. Festival empat hari ini diisi dengan parade warna-warni, pameran khusus, dan peluncuran buku untuk masyarakat.

2. Festival Lembah Baliem 

The Reason Why People Love Watching Food Videos on Social Media

Festival yang digelar pada 8-10 Agustus ini dilatarbelakangi dari peperangan yang sering terjadi antara suku Dani, Yani, dan Lani yang bermukim di Lembah Baliem dulu. Dalam festival ini akan memperlihatkan ritual dalam bentuk perang dalam skala kecil dengan saling lempar tombak dan dengan latar suara perang khas orang Dani.

Festival Budaya Lembah Baliem

Di festival ini wisatawan memiliki kesempatan untuk mempelajari tradisi terkemuka dari tiga suku di Lembah Baliem dan mengalami kemurahan hati penduduk asli melalui sebuah karnaval di Kota Wamena. Selesai dengan pesta orang Papua, jangan lupa untuk melihat-lihat Pasar Dani di Wamena dan mengunjungi Desa Wauma, beserta tempat-tempat lain di sekitar Lembah Baliem.

3. Ironman 70.3 di Bintan

Wisata olahraga, Ironman yang digelar di Bintan pada 20 Agustus mendatang, menjadi salah satu ajang triatlon yang paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara karena menarik peserta dari beberapa negara.  

Jalannya IRONMAN® 70.3 Bintan dimulai dengan berenang di Samudra Bintan yang indah dan berlanjut dengan rute sepeda dengan melintasi pemandangan Bintan yang indah. Menjelang acara spektakuler ini, pembalap akan berlari tiga putaran di trek yang ramah penonton.

4. Dieng Culture Festival di Jawa Tengah 

Dieng Culture festival ini merupakan kegiatan tahunan yang menampilkan sejumlah kesenian dan budaya terbaik dari Jawa Tengah. Dimulai sejak siang hari festival ini akan menampilkan beberapa acara seperti Sunset Jazz, Stand up Komedi, teater wayang, pertunjukan seni tradisional, konser akustik hingga lentera yang digelar pada puncak acara. 

5. Jember Fashion Carnaval di Jember, Jawa Timur

Diluncurkan pada 2003, Jember Fashion Carnival telah memantapkan dirinya sebagai salah satu acara fashion show jalanan paling mengesankan di Indonesia.

Jember Fashion Carnaval (JFC)

Misi Jember Fashion Carnival adalah untuk melayani pengembangan pendidikan, seni, budaya, dan ekonomi di Indonesia dan membangun citra Jember sebagai kota mode. Menyajikan lebih dari 600 model berjalan di catwalk terpanjang di dunia seluas 3,6 KM di pusat Kota Jember.

6. Festival Danau Kelimutu di Ende Nusa Tenggara Timur 
 
Dimulai pada 2014, Festival Danau Kelimutu diselenggarakan untuk menghormati leluhur Suku Lio di Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu yang berwarna ketiganya diyakini merupakan tempat peristirahatan terakhir di mana jiwa dapat hidup dalam damai di akhirat.

Suku Lio menghormati nenek moyang mereka dengan memberi mereka persembahan makanan. Selain ritual itu sendiri, para pengunjung dapat menikmati Festival Danau Kelimutu dengan ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti pameran kuliner, kerajinan tangan lokal, budaya.

7. Jazz Gunung Bromo

Festval Jazz Gunung Bromo merupakan konser musik internasional tahunan yang menampilkan berbagai komposisi jazz etnik. Terletak di lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Musisi Jazz akan tampil di amfiteater terbuka.

Dengan pemandangan epik langit Gunung Bromo sebagai langit-langit, menggabungkan harmoni antara musik dan alam, festival ini menghadirkan banyak musisi jazz berkualitas tinggi. 

8. Tour de Singkarak di Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Tour de Singkarak 2016

Tour de Singkarak (TDS) adalah turnamen balap sepeda profesional tahunan di Sumatera Barat. Lomba balap 900 kilometer ini dianggap salah satunya. Acara balap sepeda kelas dunia terbaik di dunia, yang telah diakui sebagai bagian dari UCI Asia Tour. Tur ini dimulai dari Kota Padang, melewati Danau Singkarak, dan berjalan melalui daerah pedalaman kota-kota Sumatera Barat. 

9. Festival Bunga Internasional Tomohon di Sulawesi Utara

Sebagai penghasil bunga terbesar di seluruh nusantara, Tomohon dengan bangga mempersembahkan Festival Internasional Tomohon. Tujuan festival ini adalah untuk mempromosikan Tomohon sebagai daerah dengan lahan subur yang luas yang ditumbuhi berbagai jenis bunga.

Puncak Festival Bunga Tomohon International adalah parade mobil yang dihiasi bunga dan balon mengambang yang dari berbagai bangsa. Festival ini juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti turnamen bunga, kontes ratu bunga, pameran florikultur, dan festival seni dan budaya.

10. Toraja Marathon di Tana Toraja Sulawesi Selatan

Setiap tahunnya lebih dari 650 orang ke Toraja untuk Marathon Toraja. Dalam acara ini, wisatawan juga akan disuguhkan budaya kuno Toraja saat berlari.

Lintasan ini merupakan tantangan yang signifikan bagi para pecinta lari, mulai dari jalan beraspal dan beton, sampai ke jalur menanjak dan menurun.

Namun, tantangannya tentu layak dilakukan, karena rute itu diwarnai dengan beberapa pemandangan yang paling indah. Jangan lupa bawa kamera dan berhenti sejenak untuk memotret. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya