Putri Pariwisata 2017 Angkat Kekayaan Kuliner Indonesia

Ajang pemilihan Putri Pariwisata 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Ada yang berbeda pada ajang pemilihan Putri Pariwisata 2017. Pada pelaksanaan ke-10 kalinya sejak 2008 lalu, pihak penyelenggara, Yayasan El John Indonesia, mengangkat kekayaan kuliner Indonesia sebagai tema besar kontes kecantikan tersebut.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Bukan tanpa alasan yayasan itu memberi tajuk Enjoying Indonesia's Wonderful Culinary pada perhelatan tahun ini. Johnnie Sugiarti, pendiri dan pimpinan El John Indonesia, menjelaskan bahwa salah satu tujuan pemilihan tema ini adalah untuk mendorong popularitas dan perkembangan kuliner Tanah Air.

"Tahun ini tema yang kita bawa adalah Enjoying Indonesia Wonderful Culinary. Kita ingin mendorong kuliner Indonesia berkembang cepat dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ucap Johnnie di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2017.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Menterian Pariwisata, Arief Yahya sangat mendukung pemilihan tema ini. Mengingat tema tersebut sejalan dengan usaha pengembangan ekonomi kreatif yang digalakkan pemerintah.

"Kuliner menyumbang 32 persen terhadap PDB ekonomi kreatif. Total ekonomi kreatif menyumbang Rp700 triliun, jadi kalau 32 persen sekitar Rp220 triliun. Kuliner itu di ekonomi kreatif nomor satu," ujar Arief.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Seperti diketahui, Indonesia memang memiliki keragaman kuliner yang kaya. Namun potensi ini belum dimanfaatkan dengan baik untuk mengenalkan kuliner Indonesia di kancah internasional.

Persaingan semakin ketat mengingat aneka jenis makanan mancanegara juga semakin mudah menyebar dan diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Dengan demikian, diharapkan melalui ajang ini, kuliner Nusantara dicintai baik di dalam maupun luar negeri.

Sebagai informasi, ajang pemilihan Putri Pariwisata 2017 diikuti oleh 38 kontestan dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Para peserta nantinya akan menjalani masa karantina yang dimulai pada tanggal 12-26 Agustus 2017. Malam final pemilihan rencananya akan diadakan di gedung SMESCO Jakarta. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya