Libur Idul Adha, Ini 5 Destinasi Pilihan di Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Sumber :
  • jogjakini.com

VIVA.co.id – Yogyakarta menjadi salah satu magnet destinasi wisata di Indonesia. Tempat ini pun memiliki kesan tersendiri bagi para pelancong mancanegara.

Dewa 19 Ambassador Pariwisata Lombok, Aparat Bersenjata Dampingi Remaja Bakar Sekolah

Beragam wisata seperti wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata belanja membuat wisatawan memiliki rasa ingin kembali ke kota pelajar ini. Bila Anda berniat menghabiskan waktu di luar kota untuk libur panjang akhir pekan Idul Adha, berikut ini beberapa destinasi yang bisa membuat Anda terus-menerus memikirkan Yogyakarta.

1. Keraton Ngayogyakarta

Libur panjang Idul Adha, Objek Wisata Cikao Park Diserbu Pengunjung

Keraton Ngayogyakarta ini merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Banyak wisatawan yang datang ke sini, baik wisatawan domestik dan internasional. Mereka ingin melihat secara dekat mengenai kehidupan kerajaan Yogyakarta, dan beberapa peninggalan bersejarah milik kesultanan Yogyakarta.

Sayangnya pada hari libur Idul Adha, Keraton Ngayogyakarta akan ditutup untuk wisatawan. Namun, para wisatawan bisa menyaksikan tradisi Grebeg Besar, yang digelar oleh Keraton Yogyakarta pada 2 September 2017.

Keren-keren! 5 Tempat Wisata Ini Bisa Diakses dari HeHa Ocean View

2. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu yang terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, ini menyimpan aneka koleksi menawan mengenai budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram. Museum ini dibagi dalam beberapa ruang, mulai dari ruang seni dan gamelan, ruang pameran lukisan figur dinasti Mataram. Kemudian ada ruang Kampung Kambang yang menampilkan koleksi batik.

3. Taman Sari Yogyakarta

Terletak di dekat Keraton, tempat ini dulu adalah tempat peristirahatan, dan pemandian keluarga kerajaan Yogyakarta. Tempat ini juga berfungsi sebagai tempat persembunyian, dan perlindungan keluarga Sultan Yogyakarta pada masa penjajahan.

4. Malioboro

Salah satu ikon kota Yogyakarta ini memberikan suasana asli kota Yogyakarta. Para wisatawan bisa hanya sekadar nongkrong santai menikmati keindahan kawasan tersebut, atau berbelanja beragam cenderamata, mulai dari batik, kaos, hingga pernak-pernik lainnya.

5. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo, merupakan sebuah pasar yang menjual beragam batik mulai dari batik tulis tradisional hingga batik cetak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya