Beriwisata ke Festival Pesona Selat Lembeh di Bitung

Festival Pesona Selat Lembeh
Sumber :
  • Antara Foto

VIVA.co.id – Tak hanya wisata luar negeri yang menampilkan beragam festival yang dapat dinikmati masyarakat dunia. Indonesia pun dalam waktu dekat akan menggelar beberapa festival menarik yang tak boleh dilewatkan.

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Bitung

Salah satunya, Festival Pesona Selat Lembeh 2017 di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Festival yang telah berlangsung sejak tahun 2009 ini akan digelar pada 6 hingga 10 Oktober 2017.

Festival ini pada awalnya merupakan acara syukuran tahunan komunitas nelayan Kota Bitung. Kegiatan ini akan mengusung beberapa festival seru yang tak boleh dilewatkan.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Akan ada berbagai kegiatan yang bisa Anda saksikan selama festival ini berlangsung. Berikut ini beberapa kegiatan yang wajib Anda saksikan atau bahkan menjadi bagian dari festival tersebut, diungkap Sekretaris Daerah Bitung, Audi, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin 25 September 2017.

1. Sailing pass

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?

Sailing pass menjadi acara rangkaian pembuka pada hari pertama festival. Acara ini akan menampilkan berbagai jenis kapal mulai dari kapal perang, kapal pesiar, kapal dagang, perahu hias akan berparade di sepanjang selat lembeh.

"Selain itu, seluruh nelayan juga akan ikut berpartisipasi dalam festival ini. Untuk prosesi lain akan ditampilkan tarian-tarian kolosal, dan berbagai macam perlombaan," kata Audi.

2. Marathon run

Bagi para pecinta olahraga, rangkaian kegiatan festival ini pun tak boleh terlewatkan. Sebab pada hari kedua penyelenggaraan kegiatan ini, akan diselenggarakan kegiatan lomba lari marathon 10 K. Dengan sekitar 20 hingga 30 ribu peserta yang akan mengikuti acara ini.

"Selain marathon, akan ada parade budaya, pertunjukkan musik," jelasnya.

3. Thanksgiving day

Jika kegiatan Thanksgiving dikaitkan dengan salah satu agama, namun Thanksgiving di Bitung ini berbeda. Sebab tradisi sebagai bentuk rasa syukur ini pun akan dirayakan oleh semua agama yang ada di sini.

Thanksgiving ini merupakan kegiatan untuk mengundang para keluarga yang ada di daerah lain untuk datang ke Bitung. Turis bisa menikmati jamuan makanan khas seperti tuna rolls dan nasi jaha isi tuna seusai melakukan ibadah di masjid atau gereja.

"Saat makan, para keluarga dan tamu akan menyanyi," ucapnya.

4. Festival kuliner pada 6 hingga 10 Oktober 2017

Kegiatan yang digelar pada hari keempat ini akan menyajikan berbagai jenis kekayaan kuliner kota Bitung yang dapat memanjakan lidah. Mulai dari nasi kuning woku, sashimi ala Bitung dan berbagai masakan berbahan dasar ikan dengan bumbu rempah khas serta kue tradisional Sulawesi Utara.

5. Pertunjukkan seni

Pada hari terakhir kegiatan festival ini akan ditutup dengan menampilkan berbagai pertunjukkan seni budaya seperti pertunjukkan musik Kaleyan dan Makarunyen, hingga pertunjukkan tari tradisional Bitung seperti Tari Perang Kabasaran hingga tari cakalang yang dinamis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya