Trik Menghilangkan Rasa Takut Terbang

Suasana di kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay/alusruvi

VIVA.co.id – Pesawat merupakan moda transportasi tercepat menuju berbagai tempat di seluruh dunia. Namun, ketakutan membuat banyak orang enggan menggunakan pesawat untuk bepergian.

Tips untuk Perempuan yang Baru Pertama Kali Lakukan Solo Traveling

Terlebih dengan sejumlah berita kecelakaan pesawat yang terjadi dalam beberapa tahun belakangan. Bagi Anda yang takut terbang, baru-baru ini ada sebuah metode yang disebut akan membantu menghilangkan rasa ketakutan ketika melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Dilansir dari laman Express, Selasa, 26 September 2017, metode emotional freedom technique (EFT) diyakini bisa mengurangi rasa takut selama penerbangan. Metode ini digunakan pula oleh istri dari Pangeran Charles dari Inggris, Camilla.

Tips Traveling Aman di Masa Pandemi

Caranya dengan mengetuk garis meridian pada tubuh untuk melepaskan energi negatifnya. Metode ini pun mirip dengan cara kerja dari akupunktur, namun dalam praktiknya tidak memerlukan jarum.

Metode ini pun diklaim bukan hanya mengatasi rasa takut ketika terbang, tapi juga dapat mengurangi rasa trauma yang sebelumnya dihadapi sesorang akibat takut akan ketinggian.

Doyan Traveling, Tips Luna Maya Liburan Murah Dapat Fasilitas Mewah

Bagi Anda yang ingin mencobanya dapat mempraktikkannya sendiri di rumah. Meski disebut aman dan mudah dipelajari, Anda tetap disarankan untuk didampingi oleh tenaga profesional khususnya yang baru pertama kali mencoba.

Mark Bristow, Praktisi EFT terkemuka menjelaskan bahwa ketakutan penumpang itu berasal dari sering terjadinya turbulensi pada pesawat.

"Setelah beberapa sesi, biasanya kita menemukan bahwa di balik ketakutan ada sesuatu yang menahannya. Begitu kita menyelesaikan masalah itu, dengan menggunakan EFT, akar permasalahan biasanya hilang begitu saja," katanya.

Kapten Steve Allright, seorang pilot di British Airways, menjelaskan bagaimana turbulensi sering menjadi ketakutan terbesar, meski tidak berbahaya. Memahami pesawat terbang dan bagaimana cara kerjanya pun bisa membantu mengatasi ketakutan penerbangan, sekaligus belajar mengendalikan pernapasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya