2017, Lebih dari 8 Ribu WNI Bepergian ke Luar Negeri

Ilustrasi wisata ke luar negeri
Sumber :

VIVA.co.id – Minat wisatawan dalam negeri untuk bepergian ke luar negeri semakin meningkat dari tahun ke tahun.

4 Wisatawan yang Terseret Air Bah di Baubau Ditemukan Meninggal

Data dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mencatat bahwa pada semester pertama 2017, aktivitas WNI ke luar negeri sangat besar. Total ada 8.765.486 orang yang bepergian ke luar negeri.

Menurut Agustinus Pake Seko, presiden direktur PT Bayu Buana Tbk, negara-negara yang menjadi destinasi favorit wisatawan Indonesia sangat beragam, tergantung pada segmen masing-masing. Namun, umumnya banyak yang memulai perjalanan luar negeri mereka ke negara-negara tetangga seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Uji Coba Masuk Bali Tanpa Karantina Mulai 14 Maret, Ini Ketentuannya

"Kalau sudah pernah mengunjungi ke sana, biasanya mereka masuk ke Korea, Hong Kong, dan sekitarnya," kata Agus, saat temu media di Jakarta, Selasa, 26 September 2017.

Setelah itu, lanjut Agus, para wisatawan domestik ini biasanya akan merambah destinasi Jepang, Australia, Amerika, dan terakhir Eropa.

Satpol PP DI Yogyakarta: Kepatuhan Wisatawan Pakai Masker Rendah

Peningkatan minat liburan wisatawan domestik ke luar negeri juga dirasakan oleh Bayu Buana sebagai agen perjalanan wisata. Agus menyebut, pada tahun ini saja wisatawan domestik yang ke luar negeri mencapai 20-21 persen.

Semakin meningkatnya minat bepergian ke luar negeri, menurut Agus, salah satunya didorong dengan banyaknya paket wisata murah. Di perusahaannya saja, paket wisata ke Eropa ditawarkan mulai dari harga Rp16 juta.

"Tidak heran kalau ada yang habis liburan dari Singapura langsung lanjut ke Eropa," tutur Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya