Kamu Perlu Tahu 3 Tantangan Pariwisata Indonesia

Pengunjung memanfaatkan wahana swafoto yang dibangun di kawasan wisata alam Coban Putri, Batu, Jawa Timur, Sabtu (28/10).
Sumber :
  • ANTARA/Ari Bowo Sucipto

VIVA – Pemerintah Indonesia saat ini fokus mengembangkan industri pariwisata nasional untuk meningkatkan pendapatan negara. Namun, sayang industri pariwisata masih menghadapi sejumlah tantangan.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, ada tiga tantangan besar yang harus dilalui oleh pemerintah dalam mengembangkan industri pariwisata. Mengingat pariwisata saat ini telah menjadi salah satu sektor terdepan pembangunan di Indonesia.

"Tantangan kita ada tiga untuk ke depannya, mulai dari pengembangan destinasi ini berkaitan dengan keberlanjutan lingkungan. Kita dikritik karena dianggap kurang peduli dengan kelestarian alam," kata Arief saat memberikan materi seminar Indonesia Tourism Outlook 2018 di Hotel Double Tree, Jakarta, Rabu, 1 November 2017.

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Lebih lanjut, tantangan pariwisata ke depannya adalah mengenai digital tourism dan regulasi. Indonesia memiliki 42 ribu regulasi yang tumpang tindih sehingga menyulitkan orang datang ke Indonesia, baik untuk berwisata maupun investasi.

Karenanya, perlunya deregulasi untuk memangkas banyaknya peraturan untuk mempermudah wisatawan asing masuk ke Indonesia. Ia pun melanjutkan untuk tahun 2018 diharapkan pariwisata Indonesia dapat menyumbangkan devisa sebesar US$223 juta.

Dampak Corona, Devisa Pariwisata Hilang Rp21,75 Triliun
Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Demi meyakinkan wisatawan, khususnya dalam negeri, Sandiaga Uno telah meninjau langsung beberapa destinasi wisata di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2021