STP NHI Raih Juara Kompetisi Video Promosi Pariwisata

objek wisata kawah putih, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Rezza Estily

VIVA – Prestasi manis kembali diraih Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung. Setelah berhasil mempertahankan TedQual Certification dari The World Tourism Organization atau UNWTO, STP NHI Bandung kembali meraih hasil terbaik di Kompetisi Video Pariwisata Indonesia (Tourism Video Promotion Contest).

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

"Ini merupakan bagian dari rangkaian Pekan Ilmiah Mahasiswa Pariwisata Indonesia (PILMAPI) yang berlangsung di Politeknik Negeri Banyuwangi, Jawa Timur, 10 -15 November lalu. Alhamdullilah, anak-anak berhasil meraih juara I dalam Tourism Video Promotion Contest (Kompetisi Video Promosi Pariwisata)," kata Ketua STP NHI Bandung, Anang Sutono, Sabtu 18 November 2017.

Tidak hanya meraih juara I, video Pesona Indonesia berjudul ‘My Little Hidden Treasure-Wonderful Bandung’ itu juga meraih juara favorit.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

Anang mengatakan, video ini dibuat oleh Tim Mahasiswa  STP NHI  Bandung yang terdiri dari Daniel Tandijo (Program Studi  Manajemen  Tata  Boga), Muhammad Anas (Program Studi  Industri Perjalanan), dan Yoga  Permana (Program  Studi  Manajemen  Destinasi  Pariwisata) dengan bimbingan langsung  dari R.  Fajar  Widiarrachman, Dosen Bidang IT  di STP  NHI  Bandung.

Lalu apa sih yang bikin menarik dari video ‘My Little  Hidden Treasure-Wonderful Bandung’ itu?

Akatara 2021 Bakal Gaet Pelaku Perfilman Senior

Anang mengatakan, dalam video berdurasi 3 menit 25 detik itu menampilkan keindahan ragam destinasi  wisata  di  Bandung. Dari mulai Curug Cimahi, Saung Angklung Mang Udjo, Teropong Bintang Bosscha FMIPA ITB dan Kawah Ciwidey, semua ada. Selain itu ada juga Kebun Teh Rancabali, Situ Patenggang, Puncak Bintang, dan wisata kuliner Surabi Setiabudi.

Pesona Alam Bandung begitu agung digambarkan. Dengan berbagai macam tempat wisata yang dimilikinya, kota ini memang menjadi salah satu destinasi terbaik untuk wisatawan.

"Ini prestasi yang membanggakan, secara internal ini menaikkan confidence level bagi para mahasiswa lainnya. Secara eksternal memperkuat Credibility. Dan sudah lolos dari calibration melalui global standart atau kriteria yang berkelas dunia," ujar Anang.  

Lebih lanjut Anang mengatakan, bagi kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya, video ini tentu akan menjadi tambahan amunisi untuk semakin mengenalkan wisata di kota yang berjuluk Paris Van Java ini.

Bandung memang dikenal sebagai salah satu destinasi utama bagi masyarakat. Selain wisata alam, Bandung juga memiliki produk fashion kekinian. Bandung juga terkenal karena mempunyai taman kota dan trotoar terindah di Indonesia.

Wisata belanjanya juga sangat memanjakan traveler, belum lagi wisata kulinernya yang begitu menggoda lidah. Ditambah lagi dengan dekatnya kota ini dengan jakarta, menjadikan Bandung sebagai salah satu tempat liburan paling diminati wisatawan

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, kunjungan wisatawan pada 2016 mencapai 5.000.625 orang. Terdiri dari 4.827.589 wisatawan nusantara dan 173.036 wisatawan mancanegara. Tahun ini Pemkot Bandung menargetkan 7 juta kunjungan wisatawan.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengacungkan dua jempol untuk prestasi yang ditorehkan sekolah pariwisata binaan Kemenpar ini. "Membanggakan," ucap Menpar Arief Yahya.

Dalam berbagai kesempatan, Menpar selalu menegaskan bahwa selain selalu menjadi jawara, lulusan sekolah tinggi pariwisata harus juga mampu menjadi menjadi entrepreneur dan berwirausaha.

“Nantinya menjadi entrepreneur di sektor pariwisata itu, bisa menaikkan remunerasi atau pendapatan mereka. Juga bisa mendorong terciptanya lapangan pekerjaan baru, yang menjadi salah satu concern pemerintah,”katanya. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya