Candi Borobudur Bertabur Lampu Oranye Selama 16 Hari

Borobudur Diterangi Warna Orange, Dukung Penghapusan Kekerasan pada Perempuan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Candi Borobudur dalam 16 hari ini akan memiliki penampilan berbeda dari biasanya. Sejak Sabtu 9 Desember 2017 Candi Borobudur diterangi lampu warna oranye selama 16 hari.

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

Event ini merupakan partisipasi Candi Borobudur untuk mendukung inisiatif global "Orange the World," sebagai bagian dari kampanye global 16 hari antikekerasan terhadap perempuan. Acara ini kerja sama antara  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dengan UN Women, Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.  

Lampu warna oranye untuk Candi Borobudur dinyalakan mulai pukul 18.00–24.00 WIB. Borobudur Warna Oranye diharapkan mampu menginspirasi masyarakat di seluruh dunia untuk mendukung kegiatan dalam rangka Hari Antikekerasan terhadap Perempuan. 

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Kampanye 16 Hari Antikekerasan terhadap Perempuan merupakan kampanye yang berlangsung setiap 25 November, yang merupakan hari Antikekerasan terhadap Perempuan. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian publik dan bentuk solidaritas bagi korban kekerasan berbasis gender.

Tahun ini, kampanye 16 Hari Antikekerasan terhadap Perempuan mengambil tema “Leave No One Behind” menekankan pada komitmen kampanye ini untuk sebuah dunia yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia, termasuk menjangkau yang termarginalkan.

Pakar dan Akademisi Sarankan Chattra Segera Dipasang di Candi Borobudur

Warna oranye merupakan warna yang optimistis, simbolisasi dari masa depan yang cerah bagi perempuan dan anak perempuan, bebas dari kekerasan. 

"Kami percaya bahwa setiap orang berhak untuk hidup bebas dari kekerasan dan ancaman kekerasan. Untuk itu, kita perlu bekerja sama untuk menghapus segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak perempuan di mana pun berada dengan cara yang kita punya," kata Lily Puspasari, Programme Specialist UN Women Indonesia, seperti dikutip dari siaran pers di Jakarta, Senin 11 Desember 2017.

Liburan sudah jadi keharusan di akhir tahun seperti saat ini. Jangan khawatir kalau kantong tipis. Soalnya ada satu destinasi murah, tapi seru banget. Yup lihat saja langsung di video VIVA ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya