8 Tips Menciptakan Perjalanan Liburan Menyenangkan

Ilustrasi traveling.
Sumber :
  • Rawpixel

VIVA – Libur Natal dan Tahun Baru 2018 paling banyak dimanfaatkan masyarakat luas untuk berlibur. Berlibur pun menjadi saat yang paling menyenangkan dalam hidup seseorang. Karena pada momen inilah Anda akan terbebas dari tuntutan pekerjaan dan macetnya lalu lintas ibu kota.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Tapi bagi sebagian orang, melakukan perjalanan bisa menjadi tidak menyenangkan bahkan bisa membuat orang menjadi stres.

Hal ini tak lain karena kurangnya persiapan, kelelahan, keterlambatan jadwal penerbangan, antrean panjang di bandara, pembatasan keamanan, dan kegelisahan yang tidak terduga.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Beruntung ada banyak cara untuk mengurangi stres ini. Seperti kebanyakan hal dalam hidup, semuanya harus ada dalam perencanaan.

Dilansir dari laman, Streetdirectionary ada beberapa tips menjadikan liburan menyenangkan dan bebas dari tekanan.

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

1. Buat daftar lokasi liburan dan sertakan semua hal yang ingin Anda lakukan.

2. Periksa tanggal batas akhir semua dokumen seperti paspor dan visa. Jangan lupa untuk vaksinasi beberapa bulan sebelum bepergian.

Ilustrasi travelling dan paspor.

3. Urus asuransi perjalanan, mata uang dan asuransi kesehatan yang diperlukan beberapa pekan sebelum keberangkatan.

4. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan mengecek aturan soal bagasi dan barang-barang yang tidak diperbolehkan oleh pihak maskapai maupun bandara serta imigrasi setempat.

5. Rencanakan perjalanan Anda ke bandara beberapa hari sebelum bepergian, termasuk rute dan perkiraan waktu tempuh ke bandara. Sisipkan waktu untuk makan.

6. Check-in online jika memungkinkan, untuk meminimalkan stres akibat antrean dan alokasi tempat duduk.

7. Jika Anda suka gugup ketika naik pesawat, sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi sebelum terbang. Ini dimaksudkan untuk menjaga gula darah tetap tinggi dan mengurangi stres dan kelelahan. Hindari kafein dan alkohol yang bisa menambah 'kegugupan' dan perasaan kehilangan kendali. 

Kabin pesawat.

Teknik relaksasi lainnya seperti pernapasan dalam, mendengarkan musik menenangkan, atau minyak aromaterapi dapat membantu mengurangi kecemasan.

8. Pastikan tas tangan Anda terorganisir dengan baik. Kemaslah makanan ringan, buku dan majalah, mainan, iPod dan game konsol. Jika Anda bepergian bersama anak-anak jangan lupa membawa baju cadangan untuk bayi dan anak, tisu kering dan tisu basah, serta selimut bayi. Pastikan membawa paspor, tiket, surat izin mengemudi, dan semua dokumen perjalanan lainnya yang diperlukan.

Begitu Anda mengikuti rencana ini, Anda bisa duduk santai, relaks dan menunggu liburan dimulai.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya