6 Cara Buat Itinerary agar Liburan Jadi Seru

Ilustrasi membuat itinerary
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Melakukan perjalanan wisata, menjadi waktu yang paling menyenangkan untuk semua orang. Saat liburan, Anda akan memiliki waktu tenang dan terbebas dari tekan-tekanan pekerjaan.

Tips untuk Perempuan yang Baru Pertama Kali Lakukan Solo Traveling

Tetapi, perjalanan akan menjadi sebuah bencana, jika Anda tidak melakukan perencanaan yang baik. Karena itu, setiap pelancong perlu membuat itinerary, atau rencana perjalanan selama liburan.

Itinerary berisi tentang destinasi mana yang akan dikunjungi, berapa lama akan berada di sana, tempat-tempat apa yang akan dikunjungi, bagaimana dan berapa harga yang dibutuhkan untuk mencapai satu obyek wisata.

Tips Traveling Aman di Masa Pandemi

Nah, untuk dapat membuat itinerary yang tepat, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut, agar perjalanan wisata Anda sukses dan Anda akan mendapat pengalaman yang luar biasa.

Langkah pertama, mulailah rencana perjalanan Anda dengan titik keberangkatan pertama Anda. Daftarkan apa maskapai penerbangan, bandara keberangkatan Anda, nomor penerbangan dan antisipasi waktu keberangkatan. 

Doyan Traveling, Tips Luna Maya Liburan Murah Dapat Fasilitas Mewah

Langkah kedua, cantumkan nama, alamat dan informasi kontak untuk penginapan yang Anda harapkan. Perhatikan waktu check-in dan check-out jika menginap di hotel. Lampirkan petunjuk arah ke setiap lokasi jika perlu. Aturlah petunjuk arah sebelumnya, jika Anda bepergian ke luar negeri dan menggunakan supir atau taksi.

Langkah ketiga, catat setiap pertemuan yang dijanjikan sepanjang perjalanan, seperti makan malam dengan rekan bisnis, atau tur yang sudah dipandu. Cantumkan lokasi pertemuan dan informasi kontak untuk lokasi, seperti nomor telepon.

Langkah keempat, perhatikan dokumentasi khusus, biaya atau persyaratan lain yang diperlukan pada saat berada di suatu tempat. Misalnya, biaya jika Anda memasuki negara baru, yang memerlukan pembayaran tunai US$20, atau setara dengan Rp260 ribu untuk stempel masuk. Beri tanda khusus pada instruksi yang sangat penting.

Langkah kelima, tuliskan kegiatan opsional atau yang disarankan yang bisa Anda sisipi di sepanjang sisi catatan rencana perjalanan Anda atau di akhir. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar Anda bisa tetap merujuk pada rencana Anda, tanpa mengacaukan acara wajib Anda.

Langkah keenam, akhiri rencana perjalanan Anda dengan rincian perjalanan Anda pulang ke rumah. Cantumkan informasi jadwal penerbangan pesawat atau kapal pesiar Anda.

Buat daftar waktu keberangkatan dan kedatangan yang serta masukkan waktu antisipasi, dan sertakan rute peta Anda jika Anda menyetir pulang ke rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya