Siapa yang Berjaya di Piala Oscar 2016?

Film The Revenant
Sumber :
  • REUTERS/Paul Drinkwater/NBC Universal/Handou

VIVA.co.id - Ajang bergengsi insan perfilman dunia, Academy Awards ke-88 akan digelar pada 28 Februari 2016 mendatang di Dolby Theater di Los Angeles, Amerika Serikat. Acara ini akan dipandu oleh aktor dan komedian, Chris Rock. 

Kalahkan Star Wars, Ex Machina Sabet Visual Efek Terbaik

Sebelum ajang tahunan ini digelar, panitia Academy Awards 2016, terlebih dahulu mengumumkan daftar nominasi Piala Oscar. 

Pengumuman nominasi berlangsung di Samuel Goldwyn Theater. Untuk tahun ini, terdapat 24 kategori penghargaan. Di antaranya adalah Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor dan Aktris Terbaik, Aktor Pendukung dan Aktris Pendukung Terbaik, Film Dokumenter, Film Asing Terbaik, dan lain sebagainya.

Begini Cara Pembawa Acara Oscar Hadapi Isu Rasialisme

Film Spotlight, The Revenant, Mad Max:Fury Road, dan The Martian memimpin saat pembacaan nominasi. Tetapi, akhirnya The Revenant pimpin nominasi Piala Oscar tahun ini dengan mendapatkan 12 nominasi. 

Sementara itu, posisi kedua ditempati Mad Max: Fury Road dengan 10 nominasi dan diikuti dengan Carol yang meraih sembilan nominasi. Film The Martian mengantongi tujuh nominasi. 

Kontroversi Rasialisme Nominasi Oscar, Ini Kata Clooney

Persaingan delapan film terbaik di Oscar 

Tahun ini, Piala Oscar 2016 memiliki delapan film yang bersaing untuk memperebutkan posisi sebagai Film Terbaik. Film-film tersebut adalah The Big Short, Bridge of Spies, Brooklyn, Mad Max: Fury Road, The Martian, The Revenant, Room, dan Spotlight

Persaingan tahun ini dinilai cukup ketat, karena masing-masing film memiliki kekuatan dan keistimewaan sendiri. 

Film Spotlight menjadi kandidat kuat meraih Piala Oscar 2016. Seperti dilansir dari Indiewire, film yang disutradarai Tom McCarthy ini dinilai akan bersaing ketat dengan The Revenant dan juga The Big Short untuk menjadi yang terbaik di Oscar tahun ini. Situs Vulture juga menjagokan film bergenre drama ini sebagai jawara Oscar 2016. 

Film Spotlight diangkat dari kisah nyata koran Boston Globe yang mengungkap skandal penganiayaan anak-anak di Boston pada 2001. Tetapi, koran itu juga berusaha menutupi apa yang terjadi dalam Keuskupan Katolik. 

Film bergenre drama ini dibintangi oleh Mark Ruffalo, Michael Keaton, dan Rachel McAdams. Film ini berdurasi 128 menit.

The Revenant juga salah satu film yang digadang-gadang meraih Piala Oscar dalam kategori film terbaik. Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio ini dinilai mampu bersaing untuk meraih penghargaan tertinggi di ajang insan film dunia ini. 

Apalagi, sebelumnya film yang disutradarai Alejandro Gonzalez Inarritu berhasil mengalahkan para pesaingnya di Golden Globe Awards 2016 lalu. Film ini berhasil menjadi film terbaik di ajang tahunan itu.

Film bergenre drama thriller ini mengambil setting di tahun 1820-an. Film ini diambil dari novel dengan judul yang sama. The Revenant menceritakan tentang seorang pemburu bernama Hugh Glass yang berjuang mempertahankan hidupnya di hutan saat ditinggal teman-temannya.

Salah satu film yang juga difavoritkan adalah The Big Short. Film yang disutradarai Adam McKay disebut-sebut bisa menjadi kuda hitam dalam Piala Oscar 2016. Film ini berhasil meraih lima nominasi di ajang tersebut. 

Sang sutradara juga merasa terkejut dengan keberhasilan filmnya di Piala Oscar 2016. Ia menyatakan, semua orang yang terlibat di film ini langsung bersorak, saat filmnya berhasil masuk nominasi Film Terbaik. 

"Semua orang di ruangan ini memiliki momen masing-masing," ujar McKay seperti dilansir dari People

Film bertabur bintang ini menceritakan tentang empat orang pemuda yang dibintangi Christian Bale, Ryan Gosling, Brad Pitt, dan Steve Carell yang memanfaatkan krisis keuangan di 2008. Empat pemuda ini menjalankan bisnis terlarang di sektor perbankan demi keserakahan mereka. 

The Martian yang dibintangi Matt Damon ini meraih sukses di box office. Film ini mendapatkan perhatian yang lebih dari publik bahkan sebelum film ini dirilis. Film yang disutradarai oleh Ridley Scott ini cukup mendapat penilaian yang positif dapat bersaing meraih Film Terbaik.

Film berikutnya adalah Mad Max: Fury Road. Film ini menceritakan tentang kehidupan di Australia, di mana orang berjuang untuk hidup setelah terjadi kekacauan. Film yang disutradarai George Miller ini diperankan oleh Tom Hardy dan Charlize Theron.

Situs Goldderby memprediksi Mad Max: Fury Road ini akan memenangkan lima kategori dari 10 kategori yang mereka dapatkan. Tetapi, situs ini lebih menjagokan Spotlight yang akan menjadi jawaranya.

Bagaimana dengan film Brooklyn? Film ini menceritakan tentang seorang wanita Irlandia, yang menjadi imigran di Brooklyn tahun 1950. Dengan cepat, si wanita ini jatuh cinta dengan pria setempat. Namun, si wanita berada dalam dilema. Ia harus memilih di antara dua pria.

Film ini mendapatkan empat nominasi di Piala Oscar 2016. Namun, tak banyak yang membicarakan film ini akan meraih penghargaan tertinggi di Oscar tahun ini.

Berikutnya adalah film Room. Film ini meraih tiga nominasi dalam Piala Oscar. Film yang dibintangi Brie Larson ini diprediksi hanya akan meraih satu tempat dari tiga nominasi tersebut. Diperkirakan film ini akan mengantarkan Brie Larson sebagai Aktris Terbaik. 

Yang terakhir adalah Bridge of Spies. Film yang dibintangi Tom Hank dan Amy Ryan ini bergenre biodrama thriller. Film ini menceritakan kehidupan pengacara yang diminta untuk membela mata-mata Rusia. Film ini meraih lima nominasi. Film ini tidak diprediksi meraih Film Terbaik. 

Menunggu kejutan Leonardo DiCaprio

Selain Film Terbaik, yang paling menyita perhatian banyak orang adalah nominasi kategori Aktor Terbaik. Terdapat lima aktor dunia yang berhasil masuk nominasi. 

Leonardo Dicaprio kembali masuk dalam daftar ini. Ia dijagokan untuk perannya di film The Revenant. Banyak publik yang optimis, bintang film Titanic ini akan membawa pulang Piala Oscar tahun ini.

Ini adalah nominasi kelima Leonardo di ajang ini. Yang terakhir adalah tahun 2014 lalu, di film The Wolf of Wall Street. Pengamat film memberikan perhatian khusus pada Leonardo. 

Diduga tahun ini, Piala Oscar akan menjadi milik bintang film tersebut. Seperti dilansir dari The Telegraph, The Revenant memberikan kesempatan besar pada Leonardo untu memenangkan Piala Oscar.

Dalam film yang disutradarai Alejandro Gonzalez Inarritu ini, mantan kekasih Blake Lively ini sangat bekerja keras. Ia tidur dengan bangkai hewan dan berisiko menderita hiportemia dan mengonsumsi hati bison. Ia dinilai pantas mendapatkan Piala Oscar.

"The Revenant adalah salah satu pengalaman yang paling berharga dalam hidup. Selamat untuk semua aktor yang masuk nominasi," ujarnya seperti dilansir dari CBS News

Namun, banyak juga yang lebih menjagokan Michael Fassbender dalam film Steve Jobs. Matt damon juga dinilai memiliki kesempatan untuk mengangkat piala di perhelatan akbar ini. 

Ketiga aktor di atas juga tak bisa memandang sebelah mata Bryan Carston untuk perannya di film Trumbo dan Eddie Redmayne di film The Danish Girl. Redmayne juga salah satu yang diperhitungkan dalam kategori Aktor Terbaik.

Bagaimana dengan Aktris Terbaik? Ada lima artis yang akan bersaing dalam kategori ini. Cate Blanchett di film Carol, Jennifer Lawrence untuk perannya di film Joy, Brie Larson di film Room, dan Saoirse Ronan untuk film Brooklyn, dan terakhir Charlotte Rampling untuk perannya di film 45 Years.

Banyak kritikus menilai dua aktris yang akan bersaing ketat memenangkan kategori aktris terbaik adalah Cate Blancett dan Brie Larson. Keduanya juga sempat bersaing di Golden Globe Awards 2016 pekan lalu. 

Dan, pemenangnya adalah Brie Larson. Ia mengalahkan Cate dengan menggondol piala Golden Globe dalam kategori Aktris Terbaik dalam film Room

Pertarungan seru sepertinya akan terjadi di kategori Aktor Pendukung Terbaik. Terdapat lima aktor ternama dengan peran yang kuat di filmnya masing-masing. Christian Bale di film The Big Short, Tom Hardy untuk perannya di The Revenant, Mark Ruffalo di Spotlight, Mark Rylance di film Bridge of Spies, dan aktor kawakan Sylvester Stalone untuk perannya di film Creed

Sementara itu, di kategori Aktris Pendukung Terbaik terdapat Jennifer Jason Leigh di film The Hateful Eight, Rooney Mara untuk film Carol, Rachel McAdams di film Spotlight, Alicia Vikander di film The Danish Girl, dan Kate Winslet di film Steve Jobs. Kate Winslet cukup dijagokan akan meraih piala tersebut. Sebelumnya, ia juga mendapatkan kemenangan di Golden Globe Awards 2016.

Film Senyap Masuk Nominasi Oscar 2016

Academy Awards ke-88 yang akan diselenggarakan pada 28 Februari 2016 mendatang, telah resmi mengumumkan nominasi Piala Oscar. Dalam salah satu nominasinya, yaitu kategori Dokumenter Terbaik. Film The Look of Silence menjadi salah satu nominasinya demikian seperti dilansir dari E!Online.

Film ini dikenal di Indonesia dengan judul Senyap. Berkisah tentang pembantaian massal pada tahun 1965. Film ini menyoroti kisah perjalanan keluarga yang dituduh sebagai bagian dari PKI.

Film berbahasa Indonesia dan Jawa ini memang dilarang tayang di bioskop Indonesia, tetapi film yang disutradarai Joshue Oppenheime ini mampu meraih banyak penghargaan film bergengsi. 

Dari daftar nominasi, film Senyap akan bersaing dengan film dokumenter lain seperti Amy, Cartel Land, What Happened, Miss Simone?, dan Winter on Fire.   

Kontroversi nominasi Oscar 2016

Ada satu hal yang mengganjal dan menjadi sorotan publik atas hasil nominasi Oscar 2016. Oscar dianggap rasis. Penilaian ini muncul, karena tak ada aktor berkulit hitam dalam nominasi tersebut. 

Dilansir dari Huffington Post, banyak seniman berkulit hitam yang dianggap pantas untuk masuk dalam nominasi Oscar. Melalui hashtag #OscarSoWhite, mereka mengkritisi nominasi Oscar yang didominasi oleh aktor dan aktris berkulit putih. 

Idris Elba yang berakting di film Beast of No Nation dinilai pantas untuk masuk nominasi dalam kategori Aktor Terbaik. Lalu, Will Smith di film Concussion untuk kategori yang sama.

Demikian pula, dengan Jason Mitchell yang dinilai tepat untuk masuk nominasi dalam kategori Aktor Pendukung Terbaik melalui film Straight Outta Compton. Atau, aktor Michael B Jordan untuk kategori yang sama dalam film Creed

Mereka juga menyayangkan bahwa aktris Tessa Thompson tidak masuk nominasi sebagai Aktris Pendukung Terbaik di film Creed

Sutradara Lexi Alexander juga berkicau dengan menulis "Kamu perlu kacamata salju untuk membaca daftar nominasi," tulisnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya