Perang Promo Mobil Jelang Lebaran Dimulai

SPG otomotif
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Sudah jadi tradisi menjelang Ramadan dan Lebaran. Beberapa produsen mobil dan motor lewat diler-dilernya menyodorkan iming-iming menggiurkan. Berbagai promo ditawarkan bagi para konsumen yang membutuhkan kendaraan untuk mudik ke kampung halaman.

Diganjar Promo, Harga Kawasaki W175 TR Rontok Banyak

Maklum saja, momentum Ramadan disusul Lebaran selalu identik dengan serba baru termasuk kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Tak heran jika angka penjualan mobil dan motor akan melonjak menjelang Lebaran. Momentum inilah yang dimanfaatkan para produsen mobil dan motor untuk mendongkrak penjualan.

Memang baru beberapa Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang secara resmi telah meluncurkan promo-promo menjelang Lebaran. Namun tak sedikit diler-diler yang lebih dulu telah memberikan tawaran menarik guna memikat hati para calon konsumennya.

Mobil Spesial Honda di Indonesia, dan Diskon Motor Rp12 Jutaan

Tengok saja yang dilakukan Honda Jakarta Center (HJC). Diler utama mobil Honda area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) ini telah menyiapkan program promo menarik guna menyambut mometum ramadhan dan lebaran di tahun ini.

Gideon, seorang wiraniaga Honda yang ditemui di Mall Kota Kasablanka, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa untuk mobil jenis Mobilio akan mendapat potongan harga atau diskon sebesar Rp10 juta. "Baru Mobilio yang diskon hingga Rp10 juta," katanya.

Motor Honda Diskon hingga Rp12 Jutaan

Masih menurut Gideon, bahkan untuk pembelian secara tunai, para calon konsumen Honda di Jabodetabek akan mendapat diskon hingga Rp15 juta.

Tak hanya diskon, beberapa program menarik juga ditawarkan diantaranya opsi Total Down Payment (TDP) yang ringan hanya Rp20 juta. Lalu juga ada pilihan cicilan ringan mulai Rp1 jutaan. Ada juga promo bunga  nol persen, dan tenor cicilan hingga 8 tahun.

Tawaran menarik juga diberikan Tunas Daihatsu. Promo spesial mudik Lebaran dari Tunas Daihatsu ini juga bervariasi untuk pembelian kendaraan andalan Daihatsu macam Luxio, Great New Xenia hingga mobil LCGC andalannya Ayla.

Untuk mobil New Luxio, Tunas Daihatsu menyediakan pilihan TDP murah mulai dari Rp15 jutaan dari harga yang ditawarkan sebesar Rp172 juta (on the road Jakarta). Bahkan tawaran TDP yang lebih murah diberikan Tunas Daihatsu untuk mobil New Great Xenia dan Ayla yang hanya berkisar Rp8 jutaan. Bahkan salah satu diler di Jakarta Utara berani memberikan TDP hanya Rp5 jutaan.


Beli Sekarang, Cicil Setelah Lebaran

Trik tak kalah 'menawan' ditawarkan Nissan Motor Indonesia (NMI) menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini. Menurut Hana Maharani, Head of Communication NMI, kepada VIVA.co.id, ada beberapa program menarik yang ditawarkan Nissan.

Salah satunya adalah program leasing terbaru untuk merek Datsun. "Beli sekarang, cicil setelah Lebaran. Program ini sebenarnya sudah berjalan dan berlaku hingga akhir Mei ini," kata Hana.

Tak hanya itu, Nissan juga memberikan program TDP ringan selama bulan Mei ini untuk mobil Grand Livina dan March. Untuk pembelian khusus DKI Jakarta, TDP Grand Livina hanya sekitar Rp16 jutaan sedangkan untuk March TDP hanya sekitar Rp17 jutaan.

Promo menarik juga berlaku untuk pembelian Nissan X-Trail, di mana para konsumen akan mendapatkan paket servis gratis dan asuransi selama dua tahun penuh. Nah, program-program ini tentu diharapkan dapat mendongkrak penjualan Nissan menjelang Lebaran.

Selain sales program di atas, Nissan juga menyiapkan beberapa program persiapan mudik Lebaran seperti Ramadhan campaign: periode 19 hingga 31 Mei, diskon 25 persen untuk mileage >100.000 KM dan diskon 15 persen untuk mileage <100.000 KM.

Lalu untuk periode 1 hingga 18 Juni, diskon 10 persen untuk all mileage. Ada free checkup di semua periode. Ini berlaku buat konsumen yang datang ke bengkel ataupun melalui Nissan-Datsun mobile service.

Ada juga Nissan-Datsun Rest Point (1-10 Juli) di 13 titik, Nissan-Datsun Mobile Siaga (1-10 Juli): standby 5 unit dan 8 unit dr ERA24 jam, Nissan-Datsun Siaga dan Siaga+ (1-10 Juli): 42 dealer, dan Bengkel Siaga+ buka di hari H dan H+1 Lebaran.

Penjual Mobil Bekas Juga Tak Mau Ketinggalan

Hiruk pikuk jelang lebaran rupanya juga mendapat perhatian dari penjual mobil bekas termasuk Mobil88. Menurut Chief Operating Mobil88, Halomoan Fisher, pihaknya juga telah menyediakan promo jelang lebaran.

Guna mengakomodir kebutuhan mobil jelang mudik lebaran, mobil88 menghadirkan promo 'Mudik Asik' yang berlangsung selama periode 9 Mei-30 Juni 2016 dengan tajuk 'Beli Mobil Berhadiah Mobil Dari mobil88'.

Promo ini dilaksanakan di seluruh kantor cabang mobil88 yang terdapat di sembilan kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Medan, Pekanbaru dan Palembang.

"Kita ada promo beli mobil dapat mobil. Jadi setiap pembeli mobil di tempat kami akan mendapat kupon undian berhadiah Toyota Etios. Promo untuk periode bulan Juni ini akan diundi pada 22 Juli 2016 mendatang. Ada juga hadiah motor dan iphone," kata Fisher kepada VIVA.co.id.

Masih menurut Fisher, pihaknya juga memberikan banyak kemudahan bagi para calon konsumen yang ingin membeli mobil secara kredit, diantaranya dengan tenor kredit selama lima tahun dan approval kredit yang cepat.

"Menjadi garansi bahwa membeli mobil di tempat kami sangat aman dan tentu sangat berkualitas, itu yang terpenting," kata Fisher.

Perang Promo di Roda Dua

Perang promo juga terjadi di segmen roda dua. Namun sayangnya, dua pabrikan besar Honda dan Yamaha tampaknya masih menyimpan rapat mengenai promo yang ditawarkan jelang lebaran. Maklum, biasanya perang promo baru akan terjadi saat bulan ramadhan.

“Untuk promo menjelang Lebaran akan kami luncurkan pada bulan puasa nanti. Tunggu saja ya,” kata Deputy Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin.

Saat Honda dan Yamaha masih menyimpan rapat mengenai promo-promo yang tengah mereka persiapkan, Kawasaki justru sudah mengumbar promo. Hal itu diungkapkan Michael C Tanadhi, Deputy Head Sales & Promotion Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

“Tapi kami hanya menyediakan promo untuk model big bike saja,” kata Michael C Tanadhi saat dihubungi VIVA.co.id

Menurut Michael, menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini, KMI telah memberikan tawaran menarik yakni cicilan nol persen selama satu tahun untuk pembelian secara kredit tiga model sepeda motornya yakni Kawasaki Ninja 650, IR6 dan Z800.

Selain cicilan nol persen, Kawasaki juga akan menggelar promo trade in untuk motor Ninja Mono RR. “Kami adakan program trade-in antara motor lama 150 cc dengan Ninja RR Mono. Motornya bebas, semua jenis dan merek boleh ikutan asalkan berkapasitas mesin 150 cc,” kata Michael.

Dengan program ini, nantinya pembeli Ninja Mono RR akan mendapat potongan harga sebesar Rp1 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya