Film Blockbuster Hollywood Siap Meledak di Bulan Juni

Wonder Woman
Sumber :
  • Warner Bros.

VIVA.co.id – Musim panas di Amerika Serikat yang berlangsung mulai Mei dan berakhir pada Agustus setiap tahunnya dikenal jadi musim subur juga untuk industri Hollywood. Di musim panas, biasanya film-film box office dirilis dan jadi blockbuster dunia.

Review Film Exhuma, Kisah Horor Dukun di Korea Paling Laris di Bioskop Indonesia

Paul Dergarabedian, seorang analis media senior, dilansir USA Today, mengatakan, bulan Mei masih jadi bulan krisis film blockbuster. Dari sejumlah film besar yang dikeluarkan, hanya Guardians of the Galaxy saja yang bisa dikatakan sukses besar.

King Arthur: Legend of the Sword dianggap sebagai blockbuster pertama yang gagal di awal musim panas tahun ini. Film ini berbujet fantastis yang mencapai US$175 juta.

3 Minggu Rilis, Exhuma Raih Kuntungan Rp903 Miliar, Kalahkan Deretan Film Keren Termasuk Dune 2

Menggandeng sutradara besar seperti Guy Ritchie, rupanya tak cukup untuk King Arthur memporakporandakan daftar box office. Film ini punya banyak nilai negatif di sejumlah situs agregasi ulasan film. Dari LA Times, King Arthur: Legend of the Sword mendapat 27 persen di Rotten Tomatoes, dan B plus di CinemaScore.

Pekan ini, Pirates of the Caribbean 5: Dead Men Tell No Tales mengalahkan Baywatch yang sama-sama baru melakukan debut di box office. Film dengan bujet produksi sekitar US$230 juta itu dikabarkan menang besar di kancah internasional.

Meski Skor Penilaian Tinggi, The Marvels Jadi Film MCU dengan Penjualan Pembukaan Terendah

Estimasinya, film ini sudah tembus US$300 juta secara global. Sementara Baywatch, yang sering dipromosikan, malah keok di angka US$18,1 juta saja, lebih rendah dari Guardians of the Galaxy 2 yang sudah masuk minggu keempat.

"Hollywood butuh Juni untuk menyelamatkan box office dunia," tutur Paul. Lalu, film apa saja yang jadi amunisi Hollywood untuk mendulang pundi-pundi keuntungan dari bioskop dunia?

Wonder Woman
Film dari DC satu ini sudah digadang-gadang akan membangkitkan gairah Hollywood kembali. Film ini dibintangi oleh Gal Gadot dan Chris Pine sebagai karakter utamanya. Tokoh fiktif legendaris soal pejuang wanita ini akan tayang pada 2 Juni mendatang.

Wonder Woman akan mengangkat kisah hidup seorang Putri Amazon bernama Diana yang tumbuh jadi seorang pejuang super. Trailer yang dirilis beberapa waktu belakang berhasil menggugah rasa penasaran para penikmat film.


Kekuatan cerita di balik aksi-aksi keren yang akan disuguhkan jadi iming-iming menggiurkan yang ditawarkan. Film ini bahkan disebut sebagai film DC terbaik, menurut sejumlah media Barat, yang sudah mengulasnya.

The Mummy
Franchise legendaris The Mummy dibuat ulang dengan para karakter baru dan era modern. Tom Cruise didapuk sebagai aktor yang akan membawakan semua versi terbaru franchise ini. Ia akan berperan sebagai seorang tentara yang akan menjadi saksi kebangkitan dunia hitam dari mumi ratu kuno yang dikubur di sebuah gurun terasing.


Film ini jadi salah satu yang dinantikan karena The Mummy sudah lama tak muncul dalam versi yang baru. Ditambah masuknya Tom Cruise, film yang rencananya tayang pada 9 Juni ini digadang-gadang akan jadi salah satu serbuan penonton dunia.

Transformers: The Last Knight

Transformers: The Last Knight
Seri kelima Transformers akan kembali pada 21 Juni mendatang. Masih dibintangi Mark Wahlberg, Transformers kelima ini konon akan punya cerita yang berbeda.

Berdasarkan sinopsis yang dirilis studio produksi, Transformers kelima yang berbujet US$260 juta ini akan memperlihatkan para penyerang yang berubah menjadi pahlawan dan para pahlawan yang berubah menjadi para penyerang. Manusia berperang melawan Transformers dan Optimus Prime pergi.


Masa depan jadi suram dan kini hanya bergantung pada masa lalu tentang sejarah Transformers di bumi yang terkubur. Hanya ada sekelompok kecil yang bisa jadi tumpuan, Cade Yeager (Mark Wahlberg), Bumbleebee, seorang bangsawan Inggris, serta Profesor dari Oxford (Laura Haddock) akan berjuang menyelamatkan bumi.

Penasaran dengan kisah yang digarap Michael Bay ini? Konon, Transformers 5 akan jadi film pertama untuk kisah trilogi selanjutnya. Michael Bay tidak bisa memastikan apakah film selanjutnya masih akan berada di bawah arahannya atau tidak.

Baby Driver
Film baru yang cukup segar untuk dinantikan. Baby Driver ditulis dan disutradarai Edgar Wright jadi suguhan baru yang menjanjikan. Film ini akan dibintangi Ansel Elgort, Kevin Spacey, dan juga Lily James.


Bercerita tentang seorang anak muda bernama Baby yang mahir berkendara. Kemampuannya dalam mengemudi mobil yang luar biasa membawanya ke dalam dunia kriminal. Awalnya, pria yang sangat suka mendengarkan musik melalui earphone-nya itu tak peduli, namun ketika dunia kriminal itu sudah mengancam kehidupan dan cintanya, apa yang dilakukan Baby?

Film ini berisi banyak aksi balapan dengan bumbu drama dan humor. Dibesut dan ditangani oleh Sony Pictures Entertainment, film ini konon akan jadi film baru yang banyak dinanti dunia. Baby Driver akan tayang pada 28 Juni mendatang.

Despicable Me 3

Despicable Me 3
Di antara film-film lain yang dirilis pada Juni ini, Despicable Me 3 jadi salah satu film animasi yang diprediksi bakal masuk top box office. Despicable Me masih akan melanjutkan petualangan Gru dan Lucy yang harus menghentikan mantan bintang cilik di era '80-an bernama Balthazar Bratt.


Despicable Me merupakan franchise animasi dari Universal Pictures yang sukses dengan dua film sebelumnya. Film yang akan dirilis pada 30 Juni ini kembali hadir menutup Juni bersama Steve Carell dan Kristen Wiig sebagai pengisi suara.

Sebelum seri ketiga ini, film spin-off dari Despicable Me yang mengangkat petualangan para Minions dirilis pada tahun 2015. Sambutannya pun cukup positif, karena karakter lucu dan menggemaskan ini sudah dicintai banyak penggemar.

Prediksi Box Office Bulan Juni
Dari sekian banyak film yang akan dirilis Juni ini, lima di atas memang yang terbesar dan banyak dinantikan. Screen Rant membuat prediksi soal film apa saja yang akan jadi hit dan yang akan gagal di pasar box office di bulan Juni.

Tentu saja, Wonder Woman diprediksi akan nge-hit di bulan ini. Untuk pertama kalinya, Wonder Woman versi terbaru diangkat ke layar lebar. Setelah sebelumnya diperkenalkan di Batman v Superman, Wonder Woman sangat berpotensi untuk mendominasi box office bulan Juni. Selain itu, film ini akan banyak diburu mengingat akan jadi pembuka film DC lain, Justice League di akhir 2017.

Transformers: The Last Knight adalah salah satu yang mungkin akan jadi hit bulan Juni tahun ini. Meski gagal di film sebelumnya, Transformers: Age of Extinction yang bermodal US$300 juta hanya mendapat US$245 juta di tahun 2014, namun ada harapan untuk seri kelima kali ini.

Sementara itu, Despicable Me 3 akan jadi film superhit lain bulan ini. Bukan tanpa alasan, karena seri Despicable Me lain juga sangat sukses dari tahun ke tahun. Film spin-off-nya, Minions bahkan tercatat sebagai film animasi kelima terlaris dengan pendapatan lebih dari US$1 miliar. Tak berlebihan jika Despicable Me 3 diprediksi akan jadi film terlaris bukan hanya di bulan Juni, tapi juga musim panas tahun ini.

Kondisi agak mengkhawatirkan diprediksi untuk The Mummy. Sebelumnya, film horor fiksi sejenis di bawah besutan Universal, seperti Dracula Untold pada tahun 2014 anjlok di pasar box office. Film yang diasumsi bermodal besar itu hanya menutup pendapatannya dengan US$100 juta saja di AS.

Dibanding menggaet kembali aktor agak komik seperti Brenden Fraser yang membawa kesuksesan Mummy sebelumnya, Universal malah menggaet aktor laga besar kelas A, Tom Cruise. Menggiurkan, namun level antisipasi yang berlebihan justru berbahaya untuk film ini.

Lalu, film apa yang sudah Anda nantikan di Bulan Juni?

Tonton juga daftar Film Indonesia yang layak ditunggu saat ini. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya