Berebut Jadi Wanita Tercantik Sedunia 2017

Daftar Wajah Tercantik 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Predikat wanita tercantik sedunia tak didapatkan melalui kontes ratu kecantikan saja, seperti ajang Miss Universe maupun Miss World. Sekarang ini, banyak cara untuk meraih predikat prestise bagi selebriti di seluruh dunia.

Belakangan ini, banyak media, situs maupun lembaga yang mengeluarkan daftar wanita tercantik sedunia. Salah satunya yang rutin melakukan adalah TC Candler.

Kenalkan Wanita Paling Cantik Sejagat, Mustahil Tak Jatuh Cinta

Sejak tahun 1990, situs ini rajin mengeluarkan daftar wanita tercantik sedunia dengan nama The Annual Independent Critics List of the 100 Most Beautiful Faces.

Situs ini memasukkan daftar nama selebriti dari seluruh dunia. Tahun ini ada yang berbeda. Apa itu?

Lisa Blackpink Tempati Posisi Pertama Wanita Tercantik di Dunia

Artis Indonesia bersaing jadi yang tercantik

Di tahun 2017 ini, daftar wanita tercantik sedunia versi TC Candler ini terlihat berbeda dari sebelumnya. Di tahun ini, situs tersebut menampilkan lebih dari satu artis Indonesia dalam daftar bergengsi tersebut.

10 Wanita Tercantik di Dunia Tahun 2019, Empat dari Asia

Setelah tahun sebelumnya, nama Agnes Monica berada di peringkat 86. Kini, tanpa diduga nama Ayu Ting Ting tercatat sebagai kandidat The 100 Most Beautiful Faces of 2017. Ayu berhasil masuk daftar ini bersama tiga artis wanita lainnya, yakni Raisa, Prilly Latuconsina, dan juga Natasha Wilona.

Kehadiran artis Tanah Air ini mendapat sambutan positif dari netizen Indonesia. Netizen bangga artis kesayangan mereka diperhitungkan dalam daftar tahunan tersebut. Mereka berharap salah satunya berhasil masuk daftar sebagai wanita tercantik sedunia.

Memang tidak mudah bagi para artis ini untuk meraih predikat yang diimpikan para wanita di jagat raya ini. Apalagi, saingan mereka tidak sembarangan. Mereka harus bersaing dengan selebriti ternama dari seluruh penjuru bumi.

Salah satu negara yang paling banyak artisnya masuk daftar ini adalah Korea Selatan. Sejumlah selebriti Negeri Ginseng ini sudah lebih dulu masuk daftar tersebut, dibanding Ayu Ting Ting dan kawan-kawan. Nama mereka langganan di daftar ini.

Sederet artis dari Korea yang akan bersaing dengan Ayu, Raisa, Natasha, dan juga Prilly di antaranya adalah Song Hye Kyo, Suzy, Go Ara,YoonA, Taeyeon, Jessica Jung, Yura 'Girls Day, Lee Sung Kyung, Park Shin Hye, dan Rose dari Blackpink, Irene 'Red Velvet', dan Jieun.

Sedangkan dari Bollywood, terdapat nama Priyanka Chopra, Alia Bhatt, dan Deepika Padukone. Sementara dari Hollywood, terpampang nama Lily Collins, Emma Stone, Selena Gomez, dan Kate Bosworth. Ada juga Satomi Ishihara dari Jepang, Davika Hoorne dan Lisa Manoban dari Thailand.

Dan ancaman juga datang dari Inggris. Mereka memiliki selebriti yang sudah terkenal di dunia seperti Emilia Clarke dan Cara Delevingne.

Selanjutnya... Terkejut Sampai Bingung

Terkejut Sampai Bingung

Di saat namanya ramai diperbincangkan masuk daftar, The 100 Most Beautiful Faces of 2017 versi situs independen ini, Ayu justru sedang terbaring lemah di rumahnya karena sakit. Oleh karena itu, disinggung soal reaksinya saat mendengar namanya ikut bersaing untuk menjadi wanita tercantik sedunia, pedangdut ini justru mengaku tak tahu menahu.

Ayu justru bingung namanya bisa masuk ke daftar tersebut. "Saya juga enggak tahu, saya juga enggak pernah mengerti gitu-gituan. Pas lagi ramai di Instagram, jadi saya baru lihat ya. Saya juga enggak tahu bisa sampai di situ," ujarnya kepada VIVA.co.id di sela-sela syuting Pesbukers, Rabu, 7 Juni 2017.

Pelantun Sambalado itu tetap bersyukur karena ini berarti karier dan penampilannya diperhatikan pihak internasional. "Kalau dibilang senang ya senang, bersyukur ya bersyukur," ucap dia.

Ibu satu anak ini juga tak tahu apakah ada konfirmasi dari pihak TC Candler kepada manajemennya. Ayu mengaku tak mengerti dan tak paham.

"Enggak tahu, bingung juga saya jawabnya karena benar-benar saya enggak tahu. Bingung juga," ujarnya.

Reaksi yang berbeda ditunjukkan Prilly Latuconsina. Ketika ditanya soal namanya yang menjadi salah satu dari 1000 wanita yang dianggap paling cantik versi TC Candler, Prilly tersenyum. Ia mengaku kaget sekaligus senang.

"Aku sebenarnya kaget sih. Jadi ya pas masuk nominasi itu aku pasti senang banget, siapa sih wanita yang enggak senang dibilang cantik," ujarnya saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Prilly yakin definisi cantik bagi setiap orang berbeda. Maka ia menganggap wajar jika ada pro dan kontra terkait dirinya masuk nominasi tersebut.

Bintang film Danur itu pun sempat heran. Ia merasa artis lain yang masuk daftar punya nama yang jauh lebih besar darinya.

"Heran juga karena nominasi di dalamnya ada Emma Stone, ada Gal Gadot, ada Suzy, ada artis-artis yang aku suka," ujarnya.

Maka kemenangan bukan suatu hal yang wajib baginya. Ia bersyukur bisa masuk nominasi tersebut karena kekompakan para penggemar.

"Jadi aku sih malah enggak berharap menang juga. Kalau pun menang ya berarti memang kekuatan fanbase aku kuat, berarti memang mereka pengen aku menang, itu kan masalah vote juga," kata Prilly.

Reaksi serupa diperlihatkan Raisa. Ia mengaku terkejut mendengar namanya masuk daftar sebagai kandidat perempuan tercantik.  "Masa sih? Makasih," ujar Raisa saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Ia sendiri sudah tahu lebih dulu dari penggemarnya. Fans penyanyi ini telah memberikan tautan kabar itu di media sosial. Meski demikian, Raisa sebenarnya tak terlalu memahami penobatan kandidat sebagai wanita tercantik yang diselenggarakan situs tersebut.

Meski demikian, calon istri dari Hamish Daud itu mengaku bersyukur atas hal tersebut, karena apresiasi semacam itu merupakan berkah tersendiri baginya. "Ya menganggap sebagai berkah aja, alhamdulillah. Kalau misalnya dianggap kayak begitu ya diaminin aja. Semoga jadi kenyataan," ujarnya.

Selanjutnya... Kriteria Pemilihan

Kriteria Pemilihan

Dilansir dari situs Independent Critics List, tidak seperti peringkat kecantikan tahunan lainnya, The Independent Critics List ini bukanlah kontes berdasarkan popularitas, dan bukan spesifik negara. Ini bukan soal tubuh terseksi dan selebriti paling terkenal. Sebaliknya, daftar tersebut mencoba menginformasikan dan memperluas opini publik dan bukan memantulkannya.

The Independent Critics adalah kelompok yang beragam, dipimpin oleh TC Candler, yang ingin lebih jauh dan luas, mendengarkan jutaan saran yang diajukan oleh masyarakat selama dekade terakhir, dan kemudian menyusun daftar perwakilan ideal modern dan kecantikan dunia.

Situs ini menilai, keindahan estetika hanyalah salah satu kriteria. Keanggunan, orisinalitas, keberanian, semangat, ketenangan, sukacita, janji, harapan, semua diwujudkan dalam wajah yang indah. Dengan kriteria tersebut, TC Candler dan anggota hanya memilih 100 wajah dari sekitar 85 ribu selebriti wanita dari seluruh dunia.

Hampir 40 negara mewakili daftar wanita tercantik sedunia ini. Angka itu semakin meningkat setiap tahun seiring dengan partisipasi masyarakat yang terus tumbuh dan berkembang.

Keanekaragaman ini bergantung pada saran dari hampir setiap insan di penjuru dunia. Awalnya sebagian besar bintang datang dari Amerika, Inggris, dan Australia. Beberapa tahun awal hanya didominasi selebriti terkenal dari tiga negara tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, daftar ini juga dipengaruhi oleh bangkitnya pemodelan internasional, bioskop di seluruh dunia, televisi K-Pop, Bollywood, televisi global, internet dan lain-lain.

Lewat akun YouTube resminya, TC Candler menjelaskan, ajang ini memang dibuat untuk senang-senang semata. Namun, sejak tahun 1990, Daftar 100 Wajah sudah dipublikasikan oleh The Independent Critics dan mendapat banyak perhatian.

Meski subjektif, situs ini merilis daftar melalui nama-nama yang disarankan netizen dengan pertimbangan kesempurnaan estetika wajah untuk kriterianya. Tanpa hadiah atau piala kemenangan, daftar pemenang yang biasanya diumumkan pada Desember tiap tahunnya selalu berhasil menyedot perhatian para penggemar dari seluruh dunia.

Daftar The 100 Most Beautiful Faces List yang terkenal ini telah diterbitkan setiap tahunnya oleh The Independent Critics sejak tahun 1990. Awalnya dibuat sebagai proyek skala kecil berkembang menjadi fenomena internet tahunan. Dalam beberapa tahun terakhir, daftar wanita tercantik telah dilihat hampir seperempat miliar orang dari seluruh dunia.

Secara luas dianggap sebagai daftar yang paling diakui secara internasional dan bergengsi dari pemilihan yang sejenis. Daftar telah diakui oleh lebih dari 200 selebriti yang telah disertakan dalam daftar selama bertahun-tahun.

Selanjutnya... Asal Usul TC Candler

Asal Usul TC Candler

TC Candler adalah kritikus film profesional dan pencipta The Annual Independent Critics List of the 100 Most Beautiful Faces of the Year. Ia lahir di London, Inggris, namun menetap di berbagai belahan Amerika Serikat (Los Angeles, Minneapolis, dan Las Vegas) sejak pertengahan tahun 1980. Ia lulus tahun 1997 dengan gelar sarjana Bahasa Inggris.

Candler selalu menjadi penulis di situs sejak awal. Usai kuliah, ia melanjutkan membuat salah satu situs ulasan film sukses di akhir tahun 1990-an. Pada puncaknya, situs tersebut menerima setidaknya seperempat juta pengunjung unik setiap bulannya.

Akhirnya, ia bekerja sama dengan beberapa kritikus lain untuk membangun situs lain yang ditujukan untuk mengulas film-film, wawancara selebriti dan kolom. Situs ini meraih sukses besar selama tiga tahun-menjadi situs paling populer di internet antara tahun 2005 dan 2008.

Candler juga merupakan penulis utama dan editor di Majalah Coming Soon, sebuah publikasi bulanan berbasis di London di bawah bendera The Independent Newspaper. Pada puncaknya, Candler meraih lebih dari 100 ribu pembaca setiap minggunya.

Dia saat ini membagi waktunya antara Las Vegas dan Pulau Barbados, di mana ia mencurahkan sebagian waktunya untuk daftar The Independent Critict List dan pencarian untuk The 100 Most Beautiful Faces setiap tahunnya.

Dan baru empat tahun belakangan ini, berdasarkan permintaan, TC Candler juga telah menciptakan The 100 Most Handsome Faces List. Meski baru sebentar, tapi ini hampir sama populernya dengan daftar wanita tercantik sedunia. Dan tahun ini, Indonesia diwakili oleh Aliando Syarief dan Joe Taslim sebagai kandidatnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya