Busana Kemerdekaan ala Selebritis Indonesia

Krisdayanti
Sumber :
  • Instagram Krisdayanti

VIVA.co.id – Seluruh rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, bersuka cita merayakan momen Kemerdekaan, tepat di hari Kamis, 17 Agustus 2017. Walaupun usia kemerdekaan bangsa ini tak muda lagi, 72 tahun, namun, semangat cinta Indonesia harus terus dikobarkan.

Jokowi Ungkap Rencana Upacara HUT RI Tahun 2024 di IKN Nusantara

Dulu pemuda berperan sangat penting bagi masyarakat karena di tangan mereka nasib bangsa ini diperjuangkan. Peran pemuda saat ini memang tidak seperti dulu melawan penjajah, tetapi pemuda di zaman serba modern, punya cara tersendiri untuk membangkitkan semangat cinta Tanah Air nya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan dan membangkitkan kembali rasa cinta pada NKRI. Sejarawan Asep Kambali pun menyatakan, bahwa bangsa Indonesia ialah bangsa yang kaya akan seni dan budaya sebagai produk kebahagiaan hasil dari kehidupan masyarakat Indonesia yang menunjukkan karakter masyarakat yang senang bermain dan kreatif.

Lomba Virtual di Rumah Berhadiah Keren dari Ecohome

Hal itu pun kata dia, bisa dilacak dari sejumlah bukti sejarah yang ada di Indonesia, salah satunya, motif kain tradisional seperti ulos dan motif batik yang menggambarkan berbagai kisah tentang konsep senyum dan kebahagiaan.

“Senyum sebagai manifestasi dari warisan budaya bangsa Indonesia juga dapat terlihat dari bukti sejarah di relief candi Borobudur dan motif kain tradisional seperti ulos dan motif batik yang menggambarkan berbagai kisah tentang konsep senyum dan kebahagiaan," ungkap Asep saat ditemui di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu 16 Agustus 2017.

Satgas Kendal Jemput 4 Warga yang Positif COVID-19 Usai Pentas Dangdut

Warisan yang Mendunia

Tak hanya sebagai warisan budaya, kain nusantara atau banyak disebut sebagai wastra nusantara juga menjadi bagian dari sejarah yang membanggakan bangsa. Kecantikannya, bahkan memukau masyarakat dunia. Beberapa waktu lalu, pameran dan pagelaran busana wastra Indonesia di Rond de Grote Kerk 12 Den Haag, Belanda mendapat apresiasi dari warga Eropa. Sebanyak 320 tamu undangan perwakilan dari berbagai negara menghadiri acara yang digelar pada 25-26 Juli 2017 lalu.

Selain tamu diplomatik, pameran dengan mengusung tema Batik Indigo dari Yogya untuk Dunia dan Traces of Gianyar Heritage City, itu juga dihadiri pecinta batik, pengamat fesyen, pengusaha ekspor-impor pakaian, sosialita, budayawan hingga pecinta wastra Nusantara. Kuasa Usaha ad interim Ibnu Wayutomo dalam sambutannya ketika itu mengatakan, pameran wastra Indonesia kali ini adalah yang terbesar di Eropa dalam tiga tahun terakhir dan yang membuatnya istimewa adalah kandungan seni budaya tinggi dengan teknik pewarnaan yang ramah lingkungan.

Bambang Hari, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag sekaligus penggagas acara menjelaskan, kegiatan ini ingin memperkenalkan berbagai jenis wastra atau kain yang dibuat secara tradisional dari seluruh Indonesia.

Kata dia, kekayaan tekstil Indonesia atau wastra bukan hanya batik dari Yogya saja tetapi ada tenun ikat, songket dari Padang, tenun Sumba, pinawatengan dari Manado dan lain-lain.

Sementara acara peragaan busana dengan konsep Natural Indigo Batik For All Seasson, menghadirikan karya dari empat desainer Bali dan dua desainer Yogyakarta. Empat desainer asal Bali, yakni Harry Rahmat Darajat (Ai Syarif), Tjokorda Gede Abinanda Sukawati, Pande Putu Wijana, dan Bintang Miraafriningrum. Sedangkan desainer asal Yogyakarta, yaitu Mayasari Sekarlaranti dan Goet Puspa.

Salah satu pengunjung warga Belanda, Luca mengaku mengagumi batik Indonesia. Menurutnya, desain batik itu sangat unik dan cantik.

“Dahulu, kakek saya pernah tinggal di Indonesia dan pernah menggunakan batik, jadi saya ingin tahu lebih banyak tentang batik. Karena itu, saya datang ke sini. Coraknya sangat beragam dan warna warni," ujar dia.

Kekaguman yang sama diutarakan oleh Lara Peteers, seorang pengusaha ekspor-impor batik dan tenun ikat asal Belanda. Rasa kagumnya terhadap wastra Nusantara yang membuatnya bekerja sama dengan perusahaan di Indonesia memproduksi berbagai jenis wastra, tidak saja dalam bentuk pakaian jadi tetapi juga dalam berbagai bentuk seperti tas, dompet dengan desain modern sesuai selera masyarakat Eropa.

“Saya melihat desain wastra Indonesia sangat indah dan saya ingin agar batik maupun tenun ikat dipakai warga dunia,” kata Lara.

Sebelumnya, acara dan seminar bertajuk Wastra: Indonesia Traditional Textile as a Key for Environmental Sustainable Fashion yang digelar di Kedutaan Besar RI di Wassenar Den Haag pada 24 Juli 2017 juga banyak dihadiri warga Belanda, yang terdiri dari pengamat tekstil, Indonesianis dan pecinta batik.

Henriette, pegiat seni asal Delf merasa beruntung bisa mengikuti acara tersebut karena selama ini hanya melihat batik sebagai salah satu produk budaya Indonesia. Ternyata, setelah mengikuti acara ini, dia baru mengetahui bahwa wastra Indonesia sangat beragam dan memiliki cerita di balik pembuatannya.

"Misalnya ada corak khusus yang tidak bisa dipakai oleh semua orang. Khusus untuk upacara tertentu dan orang tertentu saja. Nah ini sangat menarik," kata dia.  

Acara tersebut dibagi menjadi dua sesi yaitu tentang Indigo, yaitu jenis tanaman yang digunakan sebagai pewarna alami batik yang dipresentasikan Laretna T. Adishakti dan Mayasari Sekarlaranti. Mereka menjelaskan tentang Yogya, the World Batik City dan proses pembuatan warna alami untuk batik, yang menghasilkan warna biru.

Sementara sesi kedua berbicara tentang tenun Gianyar. Dengan judul Traces of Gianyar Arts & Woven Fabric yang dibawakan Catrini Kubontubuh dan Prof. I Wayan Dibia. Dalam acara itu, peserta tidak saja mendapat wawasan baru tentang wastra Indonesia tetapi juga disuguhkan berbagai tarian, peragaan busana endek, songket dan batik.

Lewat Busana

Semenjak ditetapkannya batik sebagai salah satu warisan budaya lisan dan non benda oleh UNESCO pada 2009, banyak masyarakat Indonesia  berlomba menunjukkan rasa cintanya dengan mengenakan pakaian batik. Meski demikian, tak sedikit dari para anak muda yang masih segan mengenakan batik dan kain nusantara karena dianggap kuno.

Menanggapai hal tersebut, Obin seorang pakar tekstil wastra nusantara mengatakan bahwa hal ini haruslah diperhatikan dari kebutuhan. Para generasi muda harus diberikan suatu sentuhan yang tidak biasa.

Kurangnya kesadaran dan antusiasme generasi muda ini bukan hanya bisa menurunkan eksistensi batik tapi juga berujung pada kepunahan. Untuk itu, cara menyiasatinya haruslah membuat semenarik mungkin baik dari desain maupun pemakaian.

Sementara, untuk motifnya, sebetulnya tidak terlalu berpengaruh pada minat generasi muda. Namun yang terpenting adalah cara mengemas batik dalam suatu yang kekinian.

"Ini dianalogikan seperti anak muda yang menyukai ayam goreng atau gadget, mereka menyukai itu karena produk itu cocok dan menyelesaikan kebutuhan. Nah inilah peran desainer bagaimana mengemas batik menjadi suatu tampilan modern dan itu juga yang dilakukan Obin untuk membuat banyak muda mencintai batik," ujar Obin kepada VIVA.co.id.

Obin menambahkan bahwa dalam pemakaiannya pun harus simpel dan chic. Sehingga para generasi muda mau dan tidak lagi malu mengenakan batik.

"Mengenakan batik itu enggak usah dibikin susah yang terpenting nyaman. Untuk yang membuat sendiri bisa mengenakan batik dengan diikat sederhana," katanya.

Sebagai cara mencintai bangsa Indonesia, sejumlah selebriti Tanah Air pun berpose dengan gaya busana khas nusantara. Mulai dari Sarwendah, Krisdayanti, hingga Adinia Wirasti.

Tak hanya mengenakan batik, mereka bahkan bangga  berbusana adat, mereka juga menunjukkan rasa cinta Indonesia dengan menggunakan kain khas tradisional Indonesia yang menjadi salah satu warisan budaya bangsa. Tak main-main pula, mereka juga menggunakan fotografer profesional untuk tampil beda di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Rata-rata dari mereka bahkan menuliskan pesan dan ucapan, Dirgahayu Republik Indonesia ke-72.

Sarwendah

Seperti yang dilakukan oleh Sarwendah. Istri dari Ruben Onsu ini tak hanya terlihat cantik dengan busana adat khas Lampung. Dia juga menyelipkan pesan untuk membakar semangat cinta pada Indonesia.

"Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-72. Satu Tujuan. Bangsa ini menjadi kuat karena persatuan, menjadi cantik karena warna beragam, menjadi santun karena punya toleransi,
menjadi kaya karena punya banyak harta tak ternilai yaitu budaya. keberagaman yang dijahit oleh semboyan Bhineka tunggal ika, membuat Indonesia menjadi gagah namun juga indah. Walaupun kita berbeda, namun kita Satu, Satu Tujuan, Indonesia," tulisnya lewat akun sarwendah29.

Krisdayanti

Tak hanya Sarwendah, penyanyi Krisdayanti juga ikut menularkan rasa cinta pada Indonesia lewat busana. Di Hari Kemerdekaan RI ke-72 ini, dia pun mengucapkan, "DIRGAHAYU 72th NKRI."

Dengan mengenakan busana kebaya khas Jawa karya Anne Avantie, wanita yang akrab disapa KD ini terlihat anggun. Kebaya yang didominasi warna merah ini, membuat KD terlihat sebagai sosok Indonesia. Dalam foto yang diunggahnya di akun Instagram miliknya, KD mengenakan dua model kebaya khas Jawa. Dua busana tersebut dipadu kain tradisional Indonesia.

 

DIRGAHAYU 72th NKRI ???????? #tumpengtourismphoto #toedjoehbelasan #anneavantiemerdeka

A post shared by Krisdayanti (@krisdayantilemos) on


Adinia Wirasti

Berbeda dengan yang lainnya, Adinia Wirasti memilih tampil dengan tubuh berbalut kain khas nusantara. Dia juga menyelipkan kata-kata, "Menjadi perempuan Indonesia itu harus bisa menempatkan diri dengan cerdas, baik dan nyaman di ruang publik, di lingkungan pekerjaan dan di sekitar keluarga serta sahabat. Dan kenyamanan dengan diri sendiri bisa membuat kita terlihat lebih cantik lho... Plus didukung dengan make up yang tepat juga bisa bikin mood kita bagus untuk berkarya. Sariayu jadi pilihan tepat untuk kita tampil mempesona dan percaya diri. Mari rayakan kemerdekaan dengan semangat cantik Indonesia #CantiknyaBerkarya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya