Gurita Bisnis Kue Kekinian Khas Daerah Para Artis

Para artis tergabung dalam Jannah Corp
Sumber :
  • Instragram

VIVA.co.id – Bisnis kue kekinian khas daerah, menjadi tren usaha para artis Ibu Kota saat ini. Banyak artis, kini membuka jaringan toko kue di berbagai daerah di Indonesia.

Nadia Vega dan Suami Diam-diam Sudah Punya 'Anak Pertama'

Mereka, bahkan berani mendaulat kuenya, yang berupa kue pastry dan kue bolu, sebagai oleh-oleh khas daerah tersebut. Fenomena ini pun, sepertinya direstui oleh masyarakat lokal. Itu terlihat, dari laris manisnya penjualan kue-kue para artis tersebut.

Para artis berhasil memanfaatkan popularitas mereka untuk mendulang kekayaan dan merayu masyarakat membeli kue mereka. Salah satu pelopor dan sukses membangun bisnis kue kekinian khas daerah adalah Teuku Wisnu dengan Strudel Malangnya, yang berdiri sejak 2004. Seolah belum ke Malang, bila tidak membeli Strudel Malang sebagai oleh-oleh.

Cantik dengan 5 Merek Lipstik Milik Artis Indonesia

Istrinya, Shireen Sungkar, ikut membuka toko kue kekinian Bogor Raincake di Jalan Pajajaran, Bogor. Sejak dibuka pada April 2017, Bogor Raincake selalu ramai pengunjung.  

Yuspitasari, kepala cabang Bogor Raincake mengatakan, omzet kue terjual mencapai tiga ribu kue setiap harinya. Sedangkan pada weekend , toko Bogor Raincake dikunjungi lebih dari tiga ribu orang. Harga kue sangat bervariasi dengan enam varian, mulai dari Rp60 ribu.

Tak Hanya Aktris, Nirina Zubir Sibuk Jadi Mbak-mbak Pasar

Pembelinya pun bukan hanya dari Bogor, melainkan dari luar Bogor. Di antaranya, Jakarta, Depok, Bekasi, atau Tangerang.

"Baru hari ini, kami membeli kue di Raincake," kata Ella, salah seorang pembeli yang berasal dari Jakarta, kepada VIVA.co.id, Selasa 15 Agustus 2017.

Ia mengatakan, alasan dirinya membeli kue dari toko milik Shireen Sungkar ini, karena ramai dibicarakan di instagram. "Hari ini, saya main ke rumah saudara di Bogor, jadi sekalian mampir ke Raincake untuk membeli kue," ucapnya.

Melihat kesuksesan usaha Teuku dengan Strudel Malangnya, pasangan artis Zaskia Sungkar dan Irwansyah, kemudian mengikuti jejak iparnya tersebut. Artis-artis lainnya, ikut latah dengan membuka toko kue kekinian di berbagai daerah, dalam setahun ini.

Zaskia dan Irwansyah mengajak teman-temannya dan membangun kerajaan bisnis kue kekinian dalam satu induk perusahaan, Jannah Corp. Ada 12 merek dan seleb yang tergabung dalam perusahaan bentukan Zaskia dan Irwansyah itu.

Selanjutnya, para selebriti yang ikut bentuk Jannah Corp>>>

Selebriti yang ikut bentuk Jannah Corp

Para selebriti yang tergabung dalam Jannah Corp antara lain, Irwansyah dengan Medan Napoleon dan Palembang Lamonde. Zaskia dengan Surabaya Snow Cake. Lalu, ada Laudya Cynthia Bella dengan Bandung Makuta, Indra Bekti dengan Cirebon Sultana, Zaskia Adya Mecca dengan Mamahke Jogja, Nagita Slavina dengan Gigieat Cake, Prilly Latuconsina dengan Really Cake.

Kemudian, Sarwendah dengan Jambi Jambe, Ruben Onsu dengan Semarang Thal Cake, Vidi Aldiano dengan Surabaya Vidivinivici, dan Melly Goeslow dan Anto Hoed dengan Pekanbaru Just Cake.

Masih ada sejumlah artis lainnya, yang tidak tergabung dalam Jannah Corp. Seperti Irfan Hakim dengan Makassar Baklave, Ricky Harun, dengan dan Bosang Makassar, Chelsea Olivia dengan Wifecake Semarang, Glenn Alinskie dengan Lamington Pontianak, dan Dude Herlino dengan Jogja Scrummy.

Indra Bekti, yang tergabung dalam Jannah Corp, mengaku usaha kulinernya ini merupakan upaya untuk memajukan potensi-potensi daerah. Dengan tema kekinian, Bekti yakin, jika toko kuenya itu akan mampu menjadi salah satu ikon oleh-oleh kota Cirebon.

"Jadi, kalau oleh-oleh khas dari suatu daerah itu kan memang sudah ada, maka Cirebon Sultana itu bentuknya kue, kayak kue bolu gitu. Dibuat kekinian lah. Jadi, bukan kue khas Cirebon, misalnya kayak kue ketan, atau apa. Tetapi, konsepnya itu oleh-oleh kekinian dari Cirebon,"  kata Bekti kepada VIVA.co.id, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Bekti mengakui, ide membuka toko kue kekinian ini berawal dari temannya, Irwansyah, yang telah berhasil membuka usaha kue serupa di Medan bernama Napoleon. Langkah itu, kemudian dilanjutkan Irwansyah dengan membuat usaha serupa bersama istrinya di Surabaya, dengan nama Snow Cake.

"Jadi, akhirnya hal itu menimbulkan ide, kenapa kita enggak ngajak artis dari tiap daerah, untuk bisa memajukan potensi daerah tersebut dan nama daerahnya dikasih embel-embel nama kue dan dimiliki oleh artis itu. Hal ini sempat viral lho," kata Bekti.

Dari situlah, sekitar tiga atau empat bulan yang lalu, Bekti mengaku akhirnya diajak oleh Irwansyah membangun usaha serupa. Dengan mengajak beberapa teman artis lainnya seperti Prilly Latuconsina, Ruben Onsu, Sarwenda, hingga Melly Goeslaw, mereka pun akhirnya membentuk sebuah perusahaan induk untuk mengakomodir jaringan bisnis yang mereka bangun tersebut.

"Jadi, setiap artis itu jadi ikon di daerahnya masing-masing, dan kita semua berada di bawah Jannah Corporation sebagai holding company-nya," ujar Bekti.

Hal serupa juga diutarakan oleh Ruben Onsu. Menurutnya, kue kekinian para artis akan menambah keragaman makanan oleh-oleh daerah.

"Yang paling penting, kami tidak menggeser, atau menggantikan oleh-oleh dari orang lain. Kita hanya ingin merangkul dan mengangkat sesuatu dari daerah tersebut," ujarnya kepada VIVA.co.id di studio Pesbukers ANTV.

Ayah satu anak itu juga berbisnis kuliner yang dijadikan sebagai oleh-oleh daerah Semarang. Begitu juga sang istri, Sarwendah, yang berbisnis kue sebagai oleh-oleh Jambi.

Berikutnya, cibiran Netizen>>>

Cibiran Netizen

Mengguritanya kue kekinian para artis di berbagai daerah ini, meski ramai didatangani pengunjung, mendapat cibiran dari para netizen. Kue para artis ini memiliki konsep kue yang seragam, yakni kue bolu dan kue pastry. Rasanya pun hampir sama dan biasa saja.

"Padahal, rasanya biasa aja, contohnya surabaya snowcake," kata akun @ajengkartikaajeng di akun instagram Lambe Turah.

"Ini 1 produk ya ternyata, cuma bentuk dan namanya dibedain," kata akun @ragilsyam di Instagram Jannahcorp. 

Netizen juga mengamati persaingan bisnis kue kekinian di kalangan para artis. Zaskia pun menjawab.

"Kita cuman manusia biasa yang terkadang surprise dan sedih melihat di luar sana ada beberapa yang istilahnya tinggal "COPY-PASTE". Gak perlu perjuangan awal mikirin ide, konsep hingga template, dan typical foto yang mungkin hampir sama yang telah kami creat. Tapi kami sadar rezeki, kesempatan, bahkan "IDE" itu Semua dari Allah swt, Semoga semuanya diberi keberkahan," tulisnya.

"Semoga usaha kita yang masih banyak belajar.. dan niat kita untuk berusaha mencari rezeki yang halal. Dan setidaknya ikut sedikit menambah lapangan pekerjaan di Indonesia Dilancarkan, Amin YRA. InshaAllah berkah untuk semua terimakasih banyak support-nya untuk seluruh masyarakat Indonesia selama ini untuk @jannahcorp family", tulis aktris sekaligus desainer busana muslim ini.

Terlepas dari merek kue kekinian dengan menyandingkan nama daerah, masyarakat masih menolak kue kekinian para artis ini sebagai kue oleh oleh khas daerah.
 
Nita, seorang warga Bekasi, mengatakan kue yang ia beli dari toko Bogor Raincake tidak bisa disebut sebagai oleh oleh khas Bogor. Karena, Raincake bukan makanan ciri khas asal bogor, dan tidak hanya ada di daerah Bogor saja.

"Kue dari raincake ini enak rasanya dan saya sudah beberapa kali membelinya," katanya.
 
Apalagi, kue-kue kekinian para artis tersebut menggunakan resep dan nama asing. Maka, sudah dapat dipastikan kue-kue mereka bukan asli Indonesia.
 
Seperti Strudel Malang. Meski menggunakan kata Malang, Strudel adalah makanan khas Austria bukan berasal dari Malang. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya